Hj Neng Madinah Ruhiat Mengkritisi Pemkab Tasik, Denda Pembuang Sampah Rp 50 Juta

Jawa Barat —Sabtu, 6 Mar 2021 17:29
    Bagikan:  
Hj Neng Madinah Ruhiat Mengkritisi Pemkab Tasik, Denda Pembuang Sampah Rp 50 Juta
Tumpukan sampah di sebuah sudut Kabupaten Tasikmalaya. (qjabar)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jabar, Hj. Neng Madinah Ruhiat, mengkritisi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya yang memberlakukan denda kepada masyarakatnya yang ketahuan buang sampah sembarangan. Sanski berupa denda tersebut dinilai terlalu besar yakni Rp. 50 juta. Hal itu dinilai tidak mendidik.

“Saya kurang begitu setuju karenakurang mendidik kepada masyarakat,” ujarHj. neng Madinah Ruhiat, saat Reses ke-2 di Gedung MUI Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (05/03/2021). 


Menurut Hj. Neng Madinah Ruhiat, seharusnya pemerintah menyediakan bak sampah di setiap lokasi tertentu. Sehingga, masyarakat pun tidak akan membuang sampah sembarang. "Dengan anggaran yang cukup besar, tapi bak sampahnya sedikit, yah itu risikonya,” ujarnya. 

Dikatakan, sekarang ini pemerintah harus berperan untuk bisa mengedukasi masyarakat, tentang bagaimana caranya mengelola sampah yang baik dan benar.  “Sampah bisa dikelola sebaik mungkin dan bisa menghasilkan sumber ekonomi yang luar biasa. Sampah bisa menjadi berkah dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.


Ia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menangani persoalan sampah ini. Pasalnya, sampah dinilai merupakan tanggungjawab bersama.  “Jadi, masyarakat sekitar harus sadar bahwa membuang sampah sembarangan akan berdampak pada diri kita sendiri. Kalau cara mengelola sampah tidak baik, akan menyebabkan bahaya,” paparnya. (Kris)



Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait