Pemkab Pangandaran Sediakan Tempat Diskusi dan Baca Buku Gratis di Gedung Perpustakaan

Pendidikan —Minggu, 7 Mar 2021 06:49
    Bagikan:  
Pemkab Pangandaran Sediakan Tempat Diskusi dan Baca Buku Gratis di Gedung Perpustakaan
Aktivitas baca buku dan diskusi di Gedung Perpustakaan Daerah Pangandaran (Ist)

POSKOTAJABAR, PANGANDARAN.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menyediakan tempat diskusi dan baca buku gratis di Gedung Perpustakaan Daerah. Sarana dan fasilitas untuk ruang literasi di Kabupaten Pangandaran itu, kini sudah memadai.

Duta Baca Jawa Barat asal Dusun Ciwaru, Desa/Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Aldi Nur Fadilah menyebutkan, ruang untuk memperkaya pengetahuan di Kabupaten Pangandaran kini sudah mulai lengkap.

"Pada tahun sebelumnya, kalau saya butuh buku harus mencari ke Tasikmalaya dan Kota besar. Sekarang, di Perpustakaan Daerah milik Pemda Pangandaran sudah mulai lengkap," ujarnya kepada wartawan, Sabtu, (06/03/2021).

Menurut dia, dengan adanya tempat diskusi dan baca buku gratis, hendaknya dimanfaatkan oleh masyarakat terutama kalangan siswa dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Pangandaran.

BACA JUGA:  Kutukan Mpu Gandring dan Siklus Kekuasaan di Indonesia

"Buku adalah gudang ilmu, melalui baca buku cakrawala dunia akan terbuka dan diskusi adalah sarana untuk mengasah kekayaan intelektual otak kita," ucap Aldi.

Aldi sedikit membuka tentang keberhasilan dirinya sebagai pembuat novel dan snandika karena kegemarannya membaca buku dan berujung pada torehan karya.

"Novel yang saya buat diantaranya berjudul Pesan Untuk Semesta, Dibalik Sebuah Senyuman dan Lini Masa," tuturnya.

Aldi mengaku, keberhasilan berkarya yang dilakukan dirinya tidak lepas dari seringnya membaca buku dan mengikuti diskusi bersama rekannya.

"Mari manfaatkan fasilitas yang sudah disediakan Pemerintah Daerah semaksimal mungkin dengan membaca dan diskusi," ajaknya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Pangandaran Ujang Solihudin mengatakan, bahwa Gedung Perpustakaan Daerah sudah bisa dikunjungi.

BACA JUGA:  Bus Pariwisata Terguling Menimpa Pick Up, Satu Orang Meninggal Dunia di Tempat

"Siapapun warga masyarakat Kabupaten Pangandaran yang memerlukan bahan bacaan bisa datang langsung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Pangandaran," terangnya.

Ujang menyampaikan, sekarang di Gedung Perpustakaan, selain tempat baca buku juga ada tempat untuk diskusi dan tidak dipungut biaya atau gratis.

"Bagi siapapun bisa menjadi anggota Perpustakaan dengan cara mendaftar dan syaratnya hanya membawa KTP," tambahnya.

Selain mendaftar manual, untuk daftar jadi anggota Perpustakaan bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi http://bit.ly/pendaftarananggotaonlineperpus dan diisi sesuai administrasi kependudukan. (dry)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait