Wakil Gubernur Menghentikan Sementara Tambang Pasir di Kabupaten Tasikmalaya

Jawa Barat —Minggu, 7 Mar 2021 21:38
    Bagikan:  
Wakil Gubernur Menghentikan Sementara Tambang Pasir di Kabupaten Tasikmalaya
Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum menandatanggani pernyataan Penutupan sementara Leuweung Kesik. (foto:kris)

POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum langsung turun tangan menemui warga yang menolak pertambangan pasir di Kampung Leuweung Keusik Desa Padakembang Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (07/03/2021).

Dalam kunjungan ke lokasi Tambang, Uu Ruzhanul Ulum menggunakan kendaraan dinas Ofroad  didampingi Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono meninjau langsung area pertambangan.

Ketua Aliasi Masyarakat Peduli Galunggung (AMPEG),  Denden Anwarul Habibudin mengatakan, warga penolak penambangan pasir, karena lokasi pertambangan berada di kaki Galunggung yang merupakan sumber mata air warga Kecamatan Padakembang.

Dalam Proses perizinan pertambangan pun dinilai sarat dengan manipulasi pemalsuan tandatangan dan meminta izin tersebut dicabut

"Sebanyak 62 tanda tangan warga dan 40 tanda tangan dainataranya  dipalsukan oleh perusahaan. Apalagi pihak kepala Desa dan Kecamatan tidak tahu menahu ada lokasi pertambangan disini," ujarnya, Minggu (7/3/2021).

BACA JUGA : Anak Bupati Bandung Barat,  Andri Wibawa Diduga Terlibat Kasus Tindak Pidana Korupsi


Skreining dari Pemerintah Daerah Setempat

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Bambang Titroyuliono mengatakan, sebelum Pemerintah Ptovinsi mengeluarkan izin, seharusnya ada skrining dulu dari pemerintah daerah setempat.

Sehingga semuanya izin tidak akan keluar jika di dalamnya masih ada yang kurang dengan persyaratan dan ini malah keluar izin tersebit.

Maka dari itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Direktur ESDM yang nantinya semua bidang harus turun termasuk dari kementrian. Dan nanti kami akan membuat tim untuk penyelesaian dari permasalahan ini. 

BACA JUGA : Prof Iris: Varian Baru Virus Corona B 117 Lebih Cepat Penyebarannya 

 

Laporkan ke Penegak Hukum

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, bila terbukti ada pemalsuan tandatangan warga harus melaporkan kepada pihak penegak hukum, kalau benar ada bukti pemalsuan karena Negara Kita Negara Hukum," Ucap Uu

Setelah melakukan musyawarah dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda sepakat membuat surat pernyataan yang di dalamnya menghentikan sementara proses penambangan sampai dengan adanya keputusan dari pihak Provinsi Jawa Barat.

Kami sepakat bahwa kegiatan pertambangan pasir Leuweung Kesik ini di tutup sementara sampai dengan adanya kajian dan Evaluasi dari Tim kami," paparnya. (Kris)


BACA JUGA : Wakil Gubernur Menghentikan Sementara Tambang Pasir di Kabupaten Tasikmalaya

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait