Pentingnya Mengapa Kucing Kesayangan Harus Divaksin

Gaya Hidup —Senin, 8 Mar 2021 15:49
    Bagikan:  
Pentingnya Mengapa Kucing Kesayangan  Harus Divaksin
Kucing ( Poskota Jabar )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Pentingnya Mengapa Kucing Kesayangan  Harus Divaksin,- Memelihara kucing itu ibarat memiliki anggota keluarga  yang harus disayang semaksimal mungkin selain itu  Vaksinasi tak hanya berlaku untuk manusia, hewan peliharaan seperti kucing juga wajib divaksin. Bagaimanapun, virus atau bakteri pembawa penyakit tidak memandang jenis ataupun Ras kucing . Pembawa penyakit dapat menyerang kucing di mana pun. Lantas, kenapa kucing harus divaksin dan kapan sebaiknya ini dilakukan? Salah satu tujuan vaksin adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terinfeksi suatu agen patogen, terutama virus pembawa penyakit. Terdapat juga vaksin untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri tertentu. Namun, vaksin tak akan berguna ketika diberikan beberapa hari setelah lahir . 

"Kalau masih usia 0 hari (divaksin), vaksin tidak akan berguna. Karena masih ada antibodi yang dihasilkan oleh ibu melalui ASI. Jadi di usia awal kelahiran, pemberian vaksin akan sia-sia karena ‘bibit penyakit’ pada vaksin langsung dimusnahkan oleh antibodi dari ibu, tidak sempat menstimulus pembentukan antibodi anak kucing. Ketika kucing sudah usia delapan minggu, antibodi pada ASI induk sudah mulai menurun sekaligus masa lepas sapih, Inilah waktunya (untuk) divaksin. Memberikan vaksin pada kucing tentu membawa beragam manfaat.

BACA JUGA : 8 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami


ilmuveteriner.com

Vaksinasi pada kucing biasanya dimulai pada usia 6-8 minggu. Vaksin, khususnya terhadap virus panleukopenia, rhinotracheitis, dan calici, diulang setiap 3-4 minggu sampai usia kucing 4 bulan. Rabies diberikan setelah hewan berusia >3 bulan. Setelah itu vaksin diulang setiap tahun. Tergantung aktivitas anak kucing dan kucing-kucing lain di dalam rumah, obat cacing untuk anak kucing diberikan setiap 1 bulan sampai usia mereka 4 bulan. Setelah itu diberikan setiap 3-6 bulan bergantung pada aktivitas kucing (outdoor/indoor). Berikan obat cacing khusus kucing.

Untuk kucing berusia 6 bulan, biasa beri vaksin lengkap terhadap virus panleukopenia, virus rhinotracheitis, dan calicivirus serta obat cacing. Tiga sampai empat minggu kemudian diberi vaksin terhadap virus panleukopenia, virus rhinotracheitis, calicivirus, dan chlamidia serta rabies. Setelah itu vaksin diulang satu kali setiap tahun. Program ini dapat berubah bergantung pada temuan klinis dan kondisi daerah. Lakukan Vaksiasi saat kucing Kesayangan Anda benar-benar sehat, hindari Vaksinasi saat kucing sedang sakit seperti demam, sedang Hamil selain itu konsultasikan pada Dokter hewan .

Selain vaksin, jangan lupa utuk selalu memilih makanan bergizi yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi kucing kesayangan. Ini sangat penting supaya sistem imun mereka selalu terjaga dengan baik.  ( Rny )

BACA JUGA : Cara Membuat Makanan Basah Untuk Kucing Agar Lebih Sehat dan Murah

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait