Pemkot Bandung Tunggu Suplai Vaksin, Demi Terwujudnya Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jawa Barat —Senin, 8 Mar 2021 16:48
    Bagikan:  
Pemkot Bandung Tunggu Suplai Vaksin, Demi Terwujudnya Percepatan Vaksinasi Covid-19
Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana. (foto:ist)
POSKOTAJABAR, BANDUNG
Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana siap mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 sebagaimana yang telah digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

"Kami siap mendukung program tersebut. Agar kekebalan kelompok herd immunity cepat tercipta," katanya di Balai Kota Jl Wastu Kencana, Kota Bandung, Senin (08/03/2021).

Yana mengatakan program yang digulirkan Gubernur Jabar bisa segera diselenggarakan Kota Bandung karena tenaga vaksinatornya memungkinkan.

"Jumlah tenaga vaksinator kita 1.181 orang. Jumlah itu cukup untuk mendukung percepatan vaksinasi," terangnya.

Yang saat ini masih dinanti Pemkot Bandung untuk segera mewujudkan keinginan tersebut adalah suplai vaksinnya.

"Fasilitas kesehatan siap dan vaksinator siap, jadi tergantung kesiapan vaksinnya. Karena data 'by name by address' itu kita di atas 100 persen. Jadi ya kita tunggu suplai vaksin," tambahnya.


BACA JUGA : Pernikahan Dibawah Umur 20 Tahun Ternyata Sangat Berbahaya

 

Lansia Akan Diakselerasi 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Ahyani Raksanagara mengungkapkan, hingga Jumat 5 Maret 2021, sebanyak 15.160 orang telah mendapat suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 pada tahap 2 di Kota Bandung.

"Tahap dua ini kita menyelesaikan SDM kesehatan karena perluasan kriteria ataupun dia ditunda karena ada masalah medis. Kemudian lansia dan pelayan publik," terangnya.

Mereka terdiri dari, tenaga kesehatan yaitu sebanyak 4.351 orang atau 48,46 persen dari total 8.979 orang. Untuk petugas pelayanan publik, sebanyak 5.036 atau 50,5 persen dari total 9.970 orang.

Sedangkan vaksinasi bagi para Lansia di Kota Bandung, saat ini baru mencapai 5.773 orang atau 4,86 persen dari total 118.870 orang target vaksinasi.

"Lansia baru 5 persen. Vaksinasi Lansia akan diakselerasi di minggu ini dengan berbagai upaya. Karena kalau Lansia tidak dilaksanakan massal. Kita mulai Jumat minggu lalu gunakan Faskes, 50 orang sehari di puskesmas, 150 di rumah sakit," terangnya.

Pada tahap kedua vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung, Pemkot Bandung menargetkan dapat selesai pada minggu ke dua di bulan Juni 2021. (Aris)

BACA JUGA : Pemkot Bandung Tunggu Suplai Vaksin, Demi Terwujudnya Percepatan Vaksinasi Covid-19

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait