Cara Cek Bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud, Bagi Pengguna Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren

Nasional —Selasa, 9 Mar 2021 09:55
    Bagikan:  
Cara Cek Bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud, Bagi Pengguna Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Seluruh pelajar dan pengajar semua jenjang pendidikan bisa mendapatkan kuota internet gratis Kemdikbud 2021 ini.

Kemdikbud salurkan bantuan kuota internet gratis di tahun ini untuk menunjang proses belajar mengajar secara daring di masa pandemi Covid-19 ini. Mahasiswa termasuk ke dalam daftar penerima kuota internet gratis Kemdikbud tahun 2021 tersebut.

Bantuan Kuota Data Internet Gratis Kemdikbud tahun 2021 ini adalah bentuk upaya pemerintah mendukung kegiatan belajar daring yang sudah berjalan selama setahun sejak pandemi Covid-19. Para pengajar dan siswa akan segera mendapat bantuan kuota  internet Gratis dari Kemdikbud para Maret 2021.

Untuk bantuan kuota internet selama 3 bulan (Maret-Mei), pemerintah mengajukan anggaran Rp 2,6 triliun untuk bantuan kuota Kemdikbud 2021. Sebelumnya, pada 2020, anggarannya Rp 7,2 triliun. 

BACA JUGA : AHY Serahkan Bukti Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang Sah ke Kemenkumham, Bawa Dua Boks Dokumen

Bagi pelajar dan pengajar pengguna provider simcard Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren tak perlu bingung cara mendapatkan bantuan kuota internet gratis Kemdikbud tersebut, karena dalam artikel ini akan dijelaskan satu persatu.

Namun, Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan kepada penerima yang sebelumnya mendapat bantuan kuota internet gratis tapi tidak digunakan dipastikan tidak akan mendapat bantuan lagi. “Kecuali bagi kemarin yang diberikan tapi penggunaannya di bawah 1 GB, artinya tidak digunakan data dengan berbagai alasan. Karena itu adalah indikasi dari kita, mereka tidak membutuhkan Kuota tersebut,” ujar Mendikbud Nadiem Makarim, Senin 1 Maret 2021.

Selain hanya menyalurkan kuota umum saja, terdapat perbedaan lain pada penyaluran kuota internet gratis 2021 Kemdikbud, yaitu besaran kuota yang diterima setiap jenjang pendidikan, berikut rinciannya:

  • Pendidikan Anak usia Paud sebesar 7GB
  • Pendidikan Dasar Menengah sebesar 10GB
  • Mahasiswa dan Dosen sebesar 15GB
  • Paket kuota data untuk pendidik sebesar 12GB

BACA JUGA : UPTD BBIAT Kota Cimahi Kembangkan Budidaya Ikan Hias

Bagi pengguna provider Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren, berikut ini adalah cara cek kuota internet gratis Kemdikbud 2021:

Telkomsel

- Download aplikasi My Telkomsel melalui Google Play Store.

- Pilih menu ‘My Quota.’ Pilih menu ‘Internet,’ bila bantuan kuota internet gratis sudah cair, otomatis kuota internet lokal dan internet bertambah.

- Pilih menu ‘Multimedia,’ bila bantuan kuota internet gratis cair, otomatis muncul menu ‘Kuota Belajar’ atau ‘Kuota Belajar Kemdikbud.’

XL

- Akses https://prioritas.xl.co.id/apply/kuota-edukasi.

- Masukkan nomor XL PRIORITAS Anda, lalu klik tombol “Cek.” Muncul notifikasi apakah nomor kamu sudah terdaftar dalam program “Bantuan Kuota Internet” atau belum.

Indosat

- Download aplikasi MyM3 melalui Google Play Store.

- Pilih menu ‘Data.’

- Atau ketik *123*075#. Pilih ‘Ok’ atau semisalnya.

BACA JUGA : Cara Buat KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera dari Kemensos

Tri

- Melakukan panggilan ke *123*10*3#. Tunggu beberapa menit, Anda akan melihat laporan nominal kuota internet gratis.

Smartfren

- Cara 1

Ketik ‘Cek’ di SMS. Kirim ke 995. Tunggu beberapa menit, laporan kuota akan dikirim melalui SMS.

Demikian rangkaian cara cek kuota internet gratis dari Kemdikbud pada 2021 ini, khusus bagi pengguna provider Telkomsel, XL, Indosat, Tri dan Smartfren.

BACA JUGA : Cara Cek Bantuan Kuota Internet Gratis Kemdikbud, Bagi Pengguna Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren


Editor: Reza
    Bagikan: