Pemkab Pangandaran Sediakan Lahan untuk Bangun Kampus IAIN Seluas 25 Hektare

Pendidikan —Rabu, 10 Mar 2021 06:17
    Bagikan:  
Pemkab Pangandaran Sediakan Lahan untuk Bangun Kampus IAIN Seluas 25 Hektare
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersama rombongan dari UIN Sunan Gunung Djati saat melihat lahan di Dusun Citembong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Pangandaran Selasa 09/03/2021 (foto: humaspe

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN 

Pemerintah Daerah (Pemda) Pangandaran menyediakan lahan tanah seluas 25 hektare untuk membangun Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Rencananya bangunan kampus IAIN bakal didirikan di Dusun Citembong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, dengan berdirinya IAIN di Pangandaran maka akan memiliki pengaruh luar biasa terhadap tatanan sosial dan politik masyarakat.

"Kedepan kami dari Pemerintah Daerah Pangandaran akan meminta kuota kepada pihak kampus untuk memprioritaskan mahasiswa bagi warga Pangandaran," ujarnya kepada wartawan, Selasa (09/03/2021).

Menurut dia, dengan berdirinya IAIN di Pangandaran, maka kajian pendidikan agama juga akan lebih luas.

"Jika pada pertengahan tahun 2021 aktivitas perkuliahan sudah dimulai, nanti bisa kita siapkan gedung sementara sambil menunggu pembangunan kampus IAIN selesai," tambahnya.

 BACA JUGA :Soal PTM, Disdik Sambut Keputusan Kemendikbud dengan Sarana Prasarana dan Vaksin Guru



Momen Penting dan Tepat

 Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nizar Ali menambahkan, untuk di Jawa Barat saat ini ada UIN Bandung dan IAIN Cirebon, sedangkan untuk IAIN Cirebon akan alih status ke Universitas.

"Apabila di Pangandaran sudah merencanakan mendirikan IAIN akan menjadi momen yang sangat penting dan tepat," katanya.

Nizar mengaku bangga dengan sambutan Bupati Pangandaran yang sudah merespon baik rencana pendirian IAIN. "Secara umum untuk Institut minimal tiga Fakultas atau enam Program Studi," ucapnya.

Menurut dia, tahun 2021 ini akan menyiapkan perizinan dan SDM serta perangkat lain agar gedung kampus bisa di bangun pada tahun 2022. "Untuk Program Studi akan disesuaikan dengan kebutuhan lokal seperti, Bidang Perikanan dan Pariwisata yang halal," tuturnya. 

Kedepan IAIN di Pangandaran akan berbeda dengan IAIN yang lain yang relevan dengan kontek wilayah Kabupaten Pangandaran. (dry)

 

BACA JUGA : Pemkab Pangandaran Sediakan Lahan untuk Bangun Kampus IAIN Seluas 25 Hektare   

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait