Sarapan Sehat : Cara Membuat Greek Yogurt

Makanan —Rabu, 10 Mar 2021 10:13
    Bagikan:  
Sarapan Sehat : Cara Membuat Greek Yogurt
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG 

Selain memberikan kita dorongan energi untuk beraktivitas seharian, sarapan juga merupakan sumber makanan yang baik untuk memupuk sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B, serta protein dan serat. Tubuh memerlukan nutrisi ini untuk memulai proses metabolisme, dan penelitian menunjukkan bahwa jika asupan nutrisi terlewatkan tubuh saat sarapan, kecil peluangnya untuk tubuh dapat membayar kerugian ini di kemudian hari.

Selain itu, sarapan juga dapat membantu tubuh mengatur konsentrasi gula darah, dilansir dari The Independent. Melewatkan sarapan telah terbukti meningkatkan lonjakan gula darah setelah makan pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Menciptakan kebiasaan makan di pagi hari adalah suatu rutinitas yang bisa Anda bangun perlahan. Mulai dari porsi ringan lebih dulu, dan kemudian setelah beberapa saat nafsu makan pagi hari Anda meningkat secara alami. Akibatnya, mungkin Anda akan mulai memperhatikan bahwa porsi makan siang Anda jadi lebih sedikit dari biasanya, termasuk juga jam ngemil di kantor.

BACA JUGA : Salad Ayam Jadi Menu Tepat Makan Siang yang Sehat , Berikut Cara Membuatnya

Greek yogurt sebetulnya yogurt yg bentuknya lebih padat. Bisa juga dibuat dgn menyaring air pada yogurt plain yg biasa dengan cheesecloth, atau saringan kain yg halus. Tapi ini cara yg sering saya praktekkan di rumah. Jadinya lembut padat dan kadar airnya sedikit yg bisa saja dibuang dengan sendok. Susu cair bisa full cream atau low fat. Cara buatnya sebetulnya sama dgn yogurt biasa, hanya beda lama fermentasinya.

Bahan-bahan
1 kotak susu UHT 1000 ml
4 sdm yogurt plain atau Greek yogurt

Langkah

  • Sterilkan wadah plastik utk simpan yogurt dengan merendam di air panas, lalu keringkan. (optional, karena saya sering juga buat tanpa sterilisasi dulu, dan berhasil juga, dgn syarat wadah plastik bersih. Wadah plastik punya saya memang khusus utk buat yogurt jadi ga dipakai utk taruh makanan lain).
  • Panaskan susu dalam panci hingga hangat (80 derajat celcius) sambil diaduk dengan api sedang. Kalau tidak ada termometer makanan, kira-kira hingga muncul buih kecil di pinggir panci. Tapi jangan sampai mendidih. Lalu matikan api.

BACA JUGA : Menu Sarapan Pagi, Cara Membuat Korean Egg Roll yang Simple Banget

  • Aduk-aduk terus hingga suhu susu menjadi sekitar 45 derajat celcius. Kira-kira jika susu masih terasa hangat namun tangan tidak melepuh. Caranya tetes sedikit susu ke tangan, kalau sudah terasa hangat berarti ok. Dulu waktu awal awal buat yogurt pakai thermometer makanan, sekarang sih udah feeling aja.
  • Masukkan 4 sdm yogurt plain atau Greek yogurt ke dalam susu lalu aduk sebentar hingga tercampur rata.
  • Tuang ke dalam wadah plastik yg telah disiapkan. Balut dengan handuk kemudian simpan di lemari selama 12 jam.
  • Sesudah 12 jam, keluarkan dr handuk dan lemari lalu masukkan kulkas. Dan yogurt sudah bisa digunakan utk buat smoothies, kue, froyo, es krim, cheese cake, dll.
  • Masa simpan maksimal yogurt di kulkas sekitar 2 atau 3 minggu. Oya, kalau mau buat yogurt lagi, jangan lupa sisakan yogurts nya sedikit sebagai biang utk membuat yogurt kembali.

BACA JUGA : Sarapan Sehat : Cara Membuat Greek Yogurt

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait