Hati-hati! 79 Pemilik Akun Media Sosial Ujaran Kebencian Telah Mendapatkan Peringatan dari Polisi Virtual

Gaya Hidup —Rabu, 10 Mar 2021 16:20
    Bagikan:  
Hati-hati! 79 Pemilik Akun Media Sosial Ujaran Kebencian Telah Mendapatkan Peringatan dari Polisi Virtual
ILUSTRASI/IST
POSKOTAJABAR,BANDUNG

Hati-hati! 79 Pemilik Akun Media Sosial Ujaran Kebencian Telah Mendapatkan Peringatan dari Polisi Virtual-Direktorat Tindak Pindana Siber Bareskrim Polri telah mengirimkan peringatan melalui pesan atau direct message (DM) terhadap 79 akun media sosial.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, Peringatan itu diberikan karena pemilik akun-akun tersebut dianggap melakukan kategori unggahan kegaduhan, seperti ujaran kebencian, berita bohong, atau pencemaran nama baik.

"Sekarang sudah 79 akun yang dilayangkan (peringatan melalui) DM. Dan alhamdulillah mayoritas itu mengubah (unggahannya). Responsnya baik," kata Rusdi, di Jakarta Selatan, Rabu (9/3/2021).

Baca juga: Misteri Rumah Pengabdi Setan Bandung, Penampakan Kuntilanak Merah hingga Noni Belanda Bikin Merinding

Baca juga: Ramalan Zodiak Percintaan Besok Kamis 11 Maret 2021, Sagitarius Menjalin Hubungan Baru, Capricorn Pasangan Terbaik

Akun-akun tersebut rata-rata berasal dari akun perorangan, bukan akun kelompok atau komunitas tertentu. Rusdi menyebut mereka punya sentimen pribadi sehingga bisa melakukan ujaran kebencian di media sosial.

"Tentunya ini yang perlu dicermati. Kadang masalah pribadi saja dibawa ke media sosial," ujarnya.
Menurut Rusdi, polisi virtual bisa saja saklek dan menyeret pemilik akun-akun tersebut ke ranah pidana. Namun, hal itu tidak dilakukan karena petugas mengedepankan restorative justice seperti yang diimbau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Sebenarnya kalau kita saklek, wah sudah pidana saja itu. Tapi, di sinilah kebijakan polisi. Ketika melihat masyarakat sudah terlibat tindak pidana, itu diingatkan," pungkasnya.tan/RES

Baca juga: Hati-hati! 79 Pemilik Akun Media Sosial Ujaran Kebencian Telah Mendapatkan Peringatan dari Polisi Virtual

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait