Ternyata Pertemanan Juga Ada Yang Tidak Sehat Lho! Simak Ciri-Cirinya Dibawah Ini!

Gaya Hidup —Rabu, 10 Mar 2021 16:25
    Bagikan:  
Ternyata Pertemanan Juga Ada Yang Tidak Sehat Lho! Simak Ciri-Cirinya Dibawah Ini!
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Kamu pasti tau kan istilah toxic friendship? Seperti yang kita tahu, hubungan pertemanan itu seharusnya memiliki timbal balik. Hubungan pertemanan yang baik itu harus saling membantu satu sama lain, susah dan senang bersama.

Nah, kalau toxic friendship itu adalah hubungan pertemanan dimana hanya ada satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lainnya dirugikan. Menjalani toxic friendship ini jelas ngga membuat sobat merasa senang yang ada, sobat malah banyak makan hati.

Supaya kamu ngga terjebak di hubungan pertemanan seperti itu, coba deh kamu simak ciri-ciri kalau kamu berada di toxic friendship dibawah ini! 

Dia selalu megkritik

Dalam sebuah hubungan pertemanan mengkritik memang bukan sesuatu yang aneh untuk dilakukan. Tapi, kalau kritik yang di lontarkan di toxic friendship ini adalah kritik yang bukan megingatkan kesalahan kamu, tetapi mengkritik tentang semua yang kamu lakukan mulai dari penampilan. Terlebih kalau kritik yang di ucapkan menyakitkan hati kamu. Selain itu, biasanya mereka memanipulasi dan mengkritik supaya kamu melakukan yang dia inginkan.  Hal ini patut kamu waspadai kalau kamu sudah ada di zona toxic friendship.

BACA JUGA : 4 Faktor Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Pada Remaja

Kamu takut perbuatan yang kamu perbuat salah dan membuat temanmu marah

Kamu jadi selalu berhati-hati dalam melakukan segala hal. Kamu mempertimbangkan segala perbuatan yang kamu perbuat supaya teman kamu tidak marah dan berusaha membuat hubungan kamu dan temanmu baik-baik saja. Kamu juga jadi cenderung tidak jadi diri sendiri sat melakukan hal ini.

Kalau sudah bergini, artinya teman mu tidak menerima kekurangan kamu sebagai teman.

Kamu merasa dimanfaatkan

Meminta tolong kepada teman memang hal yang sering terjadi. Tapi, kalau kamu sudah terjebak di hubungan yang toxic. Biasanya, kamu akan merasa kalau kamu serimg dimanfaatkan. Contohnya, kamu yang mentraktir teman.

Tapi, teman kamu selalu perhitungan ketika dia mentraktir kamu. Atau kamu disuruh untuk membeli sesuatu tapi ngga diganti. Dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : Cara Sukses Menjadi Youtuber Untuk Pemula

Kamu tidak di perdulikan

Hal ini yang serig terjadi. Saat kamu harus mendengarkan obrolan dan cerita yang ia ceritakan ke kamu, kamu harus fokus mendengarkan. Tapi, saat kamu yang bercerita dia malah tidak mau mendengarkan cerita kamu. Saat dia merasa senang, dia akan melupakan kamu.

Tapi, saat dia sedih dia mencari-cari kamu. Sebaliknya, saat kamu senang, kamu sama dia tapi saat kamu sedih. Dia engga ada di samping kamu. Hubungan pertemanan yang baik itu susah dan senang bersama. Kalau hanya susah ingin bersama, hubungan apakah itu?

Bergosip tentang orang lain

Kamu wajib banget berhati-hati kalau kamu punya teman yang hobinya bergosip dan membicarakan tentang keburukan orang lain. Hal ini gak menutup kemungkinan loh kalau nantinya kamu akan di gosipin juga di belakang. Hih, jangan sampai ya sobat mengalami hal ini!

Kalau sobat sudah berteman dengan orang seperti itu, ada baiknya kamu mulai menjauhi orang tersebut dari hidup kita. Kamu, harus sayang dengan kesehatan mental dirimu sendri. Kalau lama-lama kita berada di dalam hubungan pertemanan yang toxic, sobat bisa jadi stress loh.

Makanya, kamu harus mulai menjauhi ya kalau sudah ada indikasi berada di hubungan pertemanan yang toxic. Kamu juga bisa mulai bersosialisasi dengan teman lainnya. Kamu harus membuka diri dengan siklus pertemanan yang baru, biar sobat ngga merasa kesepian. Kamu harus yakin dengan diri kamu sendiri ya. Tetap semangat yaaaa!

BACA JUGA : Ternyata Pertemanan Juga Ada Yang Tidak Sehat Lho! Simak Ciri-Cirinya Dibawah Ini!


Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait