SADARI, Periksa Payudara Sendiri, Langkah Awal Deteksi Dini Kanker Payudara

Kesehatan —Rabu, 10 Mar 2021 16:50
    Bagikan:  
SADARI, Periksa Payudara Sendiri, Langkah Awal Deteksi Dini Kanker Payudara
ilustrasi Perempuan sehat - IST

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu saja menjadi keinginan semua orang bukan tidak mungkin, kesehatan bisa saja menyerang tubuh kita, selain harus menjaga tubuh kita dengan baik, ada baiknya jika selalu waspada untuk mecegah penyakit itu sendiri semakin melukai tubuh kita.

Salah satunya, SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri adalah salah satu cara untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. Hal ini bertujuan untuk menemukan adanya benjolan atau tanda-tanda lain yang tidak wajar pada payudara

Dalam pemeriksaan ini kamu tidak memerlukan alat bantuan apapun, jadi kamu bisa melakukan kegiatan ini secara rutin. Pemeriksaannya cukup dilakukan dengan mata dan juga tangan, dengan ini kamu akan lebih mengenali apabila terjadi perubahan pada payudara.

Baca juga: Ramalan Zodiak Karier Besok Kamis 11 Maret 2021, Scorpio Terima Bonus, Leo Kerja yang Nyaman

Periksa payudara sendiri dapat dilakukan secara rutin setiap bulannya, waktu yang paling tepat untuk melakukan SADARI adalah satu minggu setelah menstruasi. Di kutip dari laman Alodokter pemeriksaan ini di rekomendasikan sejak wanita berusia 20 tahun sementara P2PTM Kemenkes RI menyatakan bahwa pemeriksaan dapat dilakukan sejak wanita mendapatkan haid pertama atau pada usia 12 tahun.

Hal-Hal yang harus diperhatikan adalah dibawah ini :

  • Teraba benjolan.
  • Penebalan kulit.
  • Perubahan ukuran dan bentuk payudara.
  • Pengerutan kulit payudara.
  • Keluar cairan dari puting payudara
  • Pembengkakan lengan atas.
  • Teraba benjolan pada ketiak atau sekitar leher.
  1. Batas atas adalah jarak 1-2 jari dibawah ruas tulang selangka (clavicula).
  2. Batas bawah adalah garis lingkar kulit bawah payudara.
  3. Batas terluar adalah garis tengah ketiak ke arah bawah.
  4. Batas terdalam adalah garis tengah ruas dada

Baca juga: Ramalan Zodiak Percintaan Besok Kamis 11 Maret 2021, Sagitarius Menjalin Hubungan Baru, Capricorn Pasangan Terbaik

Untuk melakukan SADARI perhatikan di bawah ini :

  1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada putting. Kamu bisa melakukan ini di depan cermin.
  1. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.
  2. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.
  3. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.
  4. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.
  5. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

Jika mendapatkan hal-hal aneh pada payudara anda, maka periksakan segera kedokter apakah benjolan atau hal laiya merupakan gejala awal kanker payudara atau bukan- RES

Sumber : Ruangpengetahuan/Alodokter

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait