UPDATE NEWS kecelakaan Bus, Inilah Sejarah Tanjakan Cae Sumedang yang Menelan Puluhan Korban Jiwa

Jawa Barat —Rabu, 10 Mar 2021 23:45
    Bagikan:  
UPDATE NEWS kecelakaan Bus, Inilah Sejarah Tanjakan Cae Sumedang yang Menelan Puluhan Korban Jiwa
Tanjakan Cae Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang (foto: sumedang expres)

POSKOTAJABAR,SUMEDANG

Tanjakan Cae ini jika dilewati dari arah Malangbong Garut menuju Wado Sumedang merupakan jalan yang menurun (turunan). Jalan yang melewati punggung Gunung Cakrabuana bagian utara ini, terkenal rawan akan kecelakaan. Jika pengendara kendaraan kurang hati-hati melewati jalan menurun ini, bisa saja mengalami kecelakaan.

Panjang tanjakan atau turunan ini mencapai dua kilometer panjangnya, dan masuk ke dalam tiga wilayah desa yang berada di Kecamatan Wado yaitu Desa Cikareo Selatan, Desa Sukajadi dan Desa Cilengkrang dengan urutan dari bawah ke atas. Jika dilalui dari arah Malangbong Garut menuju ke awah Wado, turunan ini umumnya memiliki kontur tanah di sebelah kiri berupa tebing ke bawah, sementara di sebelah kanannya merupakan tebing ke atas.

Sehingga pengendara terutama yang melewati tanjakan ini dari arah Malangbong harus berhati-hati. Jangan sampai karena jalanan mulus, memacu kendaraan terlalu cepat. Tanjakan Cae memiliki turunan yang curam dan berkelok-kelok.

BACA JUGA : UPDATE NEWS Kecelakaan Bus di Jln. Raya Wado Malangbong, Korban Meninggal Jadi 22 Orang

Berdasarkan catatan dari beberapa sumber, ada beberapa kecelakaan lalulintas yang terjadi di Tanjakan Cae ini. Pada tahun 1980 silam pernah terjadi kecelakaan yang melibatkan group kesenian calung dan menelan korban jiwa.

Kemudian, pada tahun 2012 kecelakaan kembali terjadi yang melibatkan sebuah bus Maju Jaya jurusan Tasikmalaya - Cikampek hingga menelan banyak korban sebanyak 38 orang. 12 orang meninggal dunia dan 26 orang luka-luka.

Dan tepat hari ini, Rabu (10/03/2021) malam, Tanjakan Cae kembali menelan korban jiwa sebanyak 22 orang meninggal dunia dilokasi kejadian.

BACA JUGA : Warga Kampung Siluman Tasikmalaya Heboh Menyusul Ditemukan Dua Granat Nanas Aktif

Kecelakaan maut di tanjakan Cae Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang yang dialami oleh rombongan Peziarah asal Kecamatan Desa Cisalak Kecamatan Cisalak Subang.

Bus pariwisata nahas itu membawa rombongan peserta Ziarah dan tour siswa SMP IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang, masuk ke jurang sedalam 25 meter di Tanjakan Cae, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021) sekitar pukul 18.30 WIB. Hingga saat ini petugas kepolisian dan warga setempat masih melakukan upaya evakuasi korban. (dry/kris)

BACA JUGA : UPDATE NEWS kecelakaan Bus, Inilah Sejarah Tanjakan Cae Sumedang yang Menelan Puluhan Korban Jiwa

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait