Wabup Pangandaran : RPJMD Mesti Berpihak pada Kepentingan Masyarakat

Jawa Barat —Kamis, 11 Mar 2021 09:02
    Bagikan:  
Wabup Pangandaran : RPJMD Mesti Berpihak pada Kepentingan Masyarakat
Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan membuka Rakor Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 di Aula Setda Pangandaran. (foto: humaspemkab)
POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pangandaran akan segera disusun oleh Pemerintah Daerah. Namun RPJMD tersebut harus berpihak kepada kepentingan masyarakat. 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan.

Ujang Endin menegaskan,  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus berpihak pada kepentingan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

"Untuk merealisasikan hal itu perlu dukungan penuh dari seluruh OPD yang ada di Pemerintah Daerah (Pemda) Pangandaran," ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/03/2021).


BACA JUGA : UPDATE NEWS Kecelakaan Bus Sri Padma Kencana, Tinggal Satu Korban yang Masih Terjepit


Penjabaran Visi Misi Kepala Daerah

RPJMD, kata dia, merupakan penjabaran dari visi misi dan program Kepala Daerah pada saat kampanye.

"Secara teknis, penyusunan RPJMD harus berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang dibuat untuk kurun waktu 20 tahun," katanya.

Ujang menjelaskan, dalam penyusunannya harus memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Pada tahapan penyusunan akan melibatkan unsur masyarakat dan pihak akademisi yang nantinya akan dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi," ucapnya.

Percepat Penyusunan RPJMD

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Kusdiana mengatakan, Pemda Pangandaran akan mempercepat penyusunan RPJMD. "Banyak visi misi Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih saat kampanye di Pilkada Pangandaran 2020 yang disampaikan kepada masyarakat," katanya.

Kata dia, visi misi yang telah disampaikan saat kampanye oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih harus segera di Perda kan.

"Ada persoalan yang penting diantaranya, terkait dengan indikator makro yang berikatan dengan IPM Kemiskinan," terangnya.


"Target janji politik 2021-2026 dari keseluruhan itu harus dijabarkan oleh semua OPD dalam bentuk program kegiatan nantinya," jelasnya.

Harus Selaras dengan RPJMN

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pangandaran Agus Satriadi menambahkan, dalam penyusunan RPJMD harus selaras dengan RPJMN.

"Penyampaian pra rancangan sudah dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber yang sudah memiliki kompetensi pada bidangnya," sebutnya.

Dia berharap, tahapan penyusunan bisa berjalan dengan baik dengan hasil yang maksimal serta bisa dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Pangandaran.(dry)

BACA JUGA : Wabup Pangandaran : RPJMD Mesti Berpihak pada Kepentingan Masyarakat 




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait