Peringatan Isra Mikraj, Dan Kata- Kata Penuh Makna Menyejukan Hati

Pendidikan —Kamis, 11 Mar 2021 13:07
    Bagikan:  
Peringatan Isra Mikraj, Dan Kata- Kata Penuh Makna Menyejukan Hati
Foto by (Ra)


Isra Mi'raj adalah merupakan peristiwa saat Nabi Muhammad melakukan perjalanan di malam hari, yaitu dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam.

Pada saat peristiwa inilah Allah SWT memerintahkan untuk melaksanakan salat lima waktu dalam sehari yang wajib dilakukan oleh umat Islam.

Perintah yang diterima Rasulullah saat itu, yaitu berupa perintah salat 50 waktu dalam satu hari. Namun ketika menerimanya, Nabi Muhammad SAW diperingatkan oleh Nabi Musa untuk memperhatikan kemampuan umatnya.

BACA JUGADoa Pagi dan Petang, Doa Agar Tetap Semangat Selama Beraktivitas

Maka saat itu, Nabi Muhammad SAW meminta keringanan pada Allah sehingga perintah salat menjadi lima waktu dalam sehari. Sejak saat itulah, umat Islam harus melakukan salat wajib lima waktu.

 Peristiwa bersejarah ini terdapat dalam Al-Quran surah Al-Isra ayat 1.

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

“Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.

Amalan yang dianjurkan salah satunya memperbanyak doa. Selain doa Sayyidul Istigfar, kita juga dapat membaca doa berikut ini sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa

"Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Syakban dan sampaikan kami pada bulan Ramadan."

BACA JUGA : Baca Doa Kurb Ketika Berada Dalam Kondisi Sangat Sulit

Berikut kata-kata ucapan Isra Mikraj yang menyejukan hati

"Selamat memperingati Isra Mikraj bagi kaum muslimin semuanya. Semoga kita lebih baik lagi dan bisa mengikuti sunnah Rasulullah SAW."

"Selamat memperingati Isra Mikraj Rasulullah SAW untuk saudaraku. Semoga kita juga bisa mengikuti jejak dan meneladani akhlak beliau."

"Melalui peringatan Isra Miraj, yuk jadikan salat lima waktu sebagai sarana sifat disiplin, tawadu, sabar, dan jujur pada diri sendiri dan orang sekitar."

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait