Ramalan Sabdo Palon, Nagih Janji Kehancuran Tanah Jawa, Asal Usul dan Datangnya!

Gaya Hidup —Kamis, 11 Mar 2021 15:39
    Bagikan:  
Ramalan Sabdo Palon, Nagih Janji Kehancuran Tanah Jawa, Asal Usul dan Datangnya!
Sabdo palon nagih janiji Twitter

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Pernahkah kamu mendengarkan kata Sabdo Palon?atau ramalan tentang Sabdo palon?

Menurut Antropolog Paul Stange dalam penelitiannya pada 1988, Sabdo Palon merupakan inkarnasi sebagai Semar, yang dikenal sebagai mahaguru di Tanah Jawa. Mereka adalah titisan dewa dari kayangan yang sengaja turun ke bumi menjadi panakawan (kawan yang paham).

Tugasnya menjadi pemomong raja dan pengayom kawula. Nama ini kerap disandingkan dengan sosok Naya Genggong. Keduanya senantiasa hadir mengiringi pemerintahan raja-raja Jawa di masa Hindu-Buddha.

Sabdo Palon sedniri bukan nama aslinya namun merupakan kata yang penuh makna, Sabdo Palon memiliki dua makna, “sabdo” berarti seseorang yang memberikan masukan atau ajaran, dan “palon” yang berarti pengancing atau pengunci kebenaran yang bergema dalam ruang semesta.

Baca juga: Drama Korea Sisyphus: The Myth Episode 8, Mengubah Masa Depan Melawan Sigma

Sementara Naya Genggong memiliki makna “naya” berarti nayaka atau abdi raja dan “genggong” yang bermakna mengulang-ulang suara. Naya Genggong adalah seorang abdi yang berani mengingatkan raja secara berulang-ulang tentang kebenaran dan berani menanggung akibatnya.

Bahkan Kisah mengenai ini banyak termuat dalam Serat Jangka Jayabaya Sabdo Palon karangan penyair ternama R. Ng. Ranggawarsita. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Sabdo Palon dan Naya Genggong muncul pada masa kepemimpinan Ratu Tribhuwana Tunggadewi.

Sabdo Palon baru memutuskan mundur saat Raja Brawijaya V pindah keyakinan. Dari Dia lalu mengubah wujud dirinya menjadi sinar, dan berkelebat secepat angin terbang menuju arah timur. Sosoknya menjadi samar, antara ada dan tiada. Peristiwa itu terjadi pada 5 september 1520

Baca juga: RAMALAN ZODIAK PERCINTAAN BESOK Jumat 12 Maret 2021, Taurus Sedang Romantis, Leo Mulai Move On

Janji Sabdo Palon

Sebelum dia menghilang Sabdo Palon menyatakan sumpahnya bahwa dirinya akan kembali ke tanah Jawa 500 tahun lagi. Dia mengatakan agama baru yang sempurna itu tidak dijalankan paripurna oleh pemeluknya. Oleh karena itu agama ini akan hancur dan agama lama kembali berjaya.

Sabdo Palon memberitahukan tanda-tanda sosial dan tanda-tanda alam yang akan muncul di jaman kembalinya nanti. Dikutip dari Serat Mahameru Kuno, Sabdo Palon mengatakan bahwa dirinya akan datang 500 tahun lagi guna nagih janji, yakni janji Semar sebelum berpisah dengan Prabu Brawijaya V.

“Suatu saat akan datang sang pemimpin dari pinggiran kali sala dan bakal mampu mewujudkan impian anak cucuku. Dumana pemimpin itu memberikan Hak-Hak ku yang sebelumnya direbut bangsa keturunan Kurawa. Dan ditempat yang barulah seluruh dunia akan dibuat silau akan cahaya Nusantara. Ingat berdirinya Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Pulau Maha Dewa akan mengawali tonggak dunia Nusantoro telah lahir kembali.”

Diperkirakan 500 tahun setelah Sabdo Pola menghilang, maka tahun 2020 Sabdo Palon nagih janji untuk kembali menguasai tanah Jawa. Janjinya sangat mengerikan. Dan dan anak buahnya akan menghancur-leburkan Tanah Jawa. 

Bagaimana dengan tahun 2021 ini ? Apakah Sabdo Palon kehadiranya sudah nyata hingga runtuhnya beberapa wilayah dengan adanya bencana alam. – RES/berbagaisumber


Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait