Sosok Hantu Lampor, Pembawa Maut Saat Tidur Sebagai Pasukan Nyi Roro Kidul

Gaya Hidup —Kamis, 11 Mar 2021 16:43
    Bagikan:  
Sosok Hantu Lampor, Pembawa Maut Saat Tidur Sebagai Pasukan Nyi Roro Kidul
ILUSTRASI DALAM FILM lAMPOR

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Pernahkah kamu mendengar hantu lampor atau jangan-jangan malah pernah menemuinya apakah lampor itu? Orang Jawa zaman dahulu tentu tak asing dengan nama istilah lampor. Lampor adalah salah satu jenis setan yang dipercaya bisa membawa maut.

 Mengenai wujud lampor sendiri, masyarakat memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Beberapa menyebut lampor sebagai setan yang berbentuk seperti bola arwah, terkadang juga muncul sebagai rombongan prajurit Jawa zaman dahulu.

Di daerah Jawa Timur sendiri, lampor dipercaya berwujud setan atau pocong yang bisa membunuh manusia dalam tidur.Lampor konon diartikan sebagai 'gaduh' atau 'kegaduhan'. Nama ini sesuai jika dikaitkan dengan kepercayaan mengenai lampor di Jawa Tengah. Ketika muncul, lampor dipercaya menyebabkan suara-suara gaduh.

Baca juga: RAMALAN ZODIAK KARIER BESOK Jumat 12 Maret 2021, Aries, Pisces Tanggung Jawab Besar, Cancer Gaji Naik

Suara gaduh tersebut dipercaya adalah suara iring-iringan kereta kuda dan barisan pasukan dari Laut Selatan yang akan menuju Gunung Merapi atau Keraton Yogyakarta. Menurut masyarakat Jawa, lampor juga dipercaya sebagai pasukan dan anak buah dari Nyi Roro Kidul, ratu penguasa laut selatan.

Tak ada yang tahu pasti bagaimana wujud setan lampor ini. Ada yang mengatakan kalau setan lampor ini berbentuk pocong dan ada juga yang mengatakan mirip dengan genderuwo namun lebih menyeramkan.

Lampor bisa menghilangkan nyawa manusia. Setan ini menghantui manusia yang sedang tidur kemudian mencekiknya sampai mati. Jika sudah tak bernyawa, tubuh manusia itu akan dibawa menggunakan keranda mayat yang konon bisa terbang dengan sendirinya.

Baca juga: Drama Korea Sisyphus: The Myth Episode 8, Mengubah Masa Depan Melawan Sigma

Lampor tak setiap hari menampakan diri di hadapan manusia. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa Timur, lampor muncul hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Beberapa masyarakat percaya kalau lampor muncul bersamaan dengan wabah penyakit yang menyerang suatu desa atau pada bulan Safar di penanggalan Jawa.

Jika sudah memasuki waktunya, hanya keberuntunganlah yang bisa menghindarkan kita dari setan ini.

Meski terdengar sangat menyeramkan, lampor bisa dihindari dengan cara yang sangat mudah. Konon, lampor tak bisa membungkuk atau jongkok. Sehingga ia hanya mencekik manusia yang tidur di atas dipan atau tempat tidur.

Hal ini membuat orang di pdalaman wilayah Jawa tengah enggan tidur di atas dipan dan memeilih  tidur di lesehan.

Jika kamu tidur di lantai atau lesehan, kemungkinan besar kamu akan selamat dari lampor karena ia tak akan sampai dan tak bisa jongkok untuk mencekik lehermu- RES


Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait