Bukan Mitos, Ini 5 Bahaya Tidur Saat Menjelang Magrib

Gaya Hidup —Kamis, 11 Mar 2021 17:05
    Bagikan:  
Bukan Mitos, Ini 5 Bahaya Tidur Saat Menjelang Magrib

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Orang tua pasti melarang kita untuk tidur pada saat magrib menjelang, selain karena Agama yang melarang karena melewati waktu Sholat Magrib, juga ada larangan-larangan mistis yang berkembang dimasyarakat adanya mahluk halus yang akan membawa kita ke alam lain.

Namun secara medis, tidur setelah ashar bukanlah waktu yang direkomendasikan. Bahwa tidur terlalu sore atau menjelang magrib dapat mengundang penyakit.

Pakar kesehatan menyebut ada alasan logis yang membuat kita cenderung bangun dengan kondisi badan yang tidak nyaman dan suasana hati yang uring-uringan setelah tidur saat maghrib.

Baca juga: Sosok Hantu Lampor, Pembawa Maut Saat Tidur Sebagai Pasukan Nyi Roro Kidul

Hal ini terkait dengan berubahnya jam biologis pada tubuh kita. Sebagai informasi, jam biologis atau ritme sirkadian tubuh berpengaruh besar pada jalannya berbagai fungsi dan organ tubuh secara otomatis. Saat tengah malam misalnya, kita biasanya berada dalam kondisi sedang tidur nyenyak. Saat inilah tubuh menjalankan proses detoksifikasi tubuh. Jika kita begadang dan tidak tidur, maka tubuh akan kebingungan dan proses ini tidak bisa berlangsung dengan semestinya.

Berikut ini beberapa dampaka kesehatan akibat tidur menjelang magrib

  1. Menurunkan Daya tahan tubuh

Dalam masalah medis, ternyata tidur menjelang magrib bisa menyebabkan terganggunya sistem metabolisme dan menurunkan daya tahan tubuh. Hal ini memicu penurunan produksi insulin pada tubuh, sehingga mengganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin.

Baca juga: RAMALAN ZODIAK KARIER BESOK Jumat 12 Maret 2021, Aries, Pisces Tanggung Jawab Besar, Cancer Gaji Naik

  1. Diabetes

Dikatakan pula, proses tidur di sore hari bisa memengaruhi kadar gula darah dan memprovokasi diabetes. Dimana penyebabnya dipicu oleh menurunnya produksi insulin dalam tubuh. Ini akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak.

  1. Kehilangan daya ingat

kesehatan lainnya yakni dapat menganggu daya ingat seseorang. Hal ini yang sering kali dikeluhkan oleh banyak orang setelah bangun dari tidur sore.

Banyak yang merasa sensasi tubuh aneh, kebingungan hingga hilang ingatan sementara seperti sudah mengira sudah pagi hari.

Baca juga: Drama Korea Sisyphus: The Myth Episode 8, Mengubah Masa Depan Melawan Sigma

  1. Kolesterol hingga Gangguan Jantung

Dampak buruk tidur sore lainnya adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan metabolisme sedang berada di titik maksimal. Akhirnya, kadar kolesterol jahat di tubuh kamu juga akan meningkat.

  1. Badan Lemas dan Pegal-pegal

Bukan tanpa alasan, faktanya tidur menjelang magrib bisa membuat otot dan paru-paru jadi melemas.  Sedangkan penyebab tubuh lemas saat bangun tidur sore yaitu kurangnya asupan oksigen.

Akhirnya ketika bangun tidur, badan kamu akan merasa lemas dan pegal-pegal.

Itulah beberapa dampak negatif jika kita tidur saat magrib. -RES


Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait