UPDATE NEWS Kecelakaan Bus Sri Padma Kencana :Bupati Sumedang Batasi Kendaraan Besar

Jawa Barat —Kamis, 11 Mar 2021 17:16
    Bagikan:  
UPDATE NEWS Kecelakaan Bus Sri Padma Kencana :Bupati Sumedang Batasi Kendaraan Besar
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau lokasi jatuhnya Bus Sri Padma Kencana (foto:kris)

POSKOTA JABAR,SUMEDANG.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan,  pihaknya melalui Dinas Perhubungan akan memasang  rambu-rambu yang mengingatkan pengendara bahwa tidak semua kendaraan besar  bisa mengunakan jalan alternatif  yang menghubungkan Sumedang-Garut tersebut.

Selain akan  dipasang rambu-rambu juga soal  penerangan jalan di titik lokasi  kejadian kecelakaan karena lokasi tersebut daerah berbahaya.  tahun 2011 telah terjadi kecelakaan di titik lokasi yang sama yakni turunan, menimpa kendaraan Maju Jaya jurusan Subang-Tasikmalaya karena kondisi jalan dari arah Malangbong ke Wado ini berbelok-belok turun, akan tetapi dari arah Sumedang Wado jalan menanjak dan menikung.

"Tak disangka, sepuluh tahun kemudian kecelakaan serupa kembali terulang di turunan Cae,  Rabu (10/03/2021) malam, Bus Sri Padma Kencana yang membawa rombongan peziarah dari Subang terjun ke jurang saat melewati Tanjakan Cae. Mudah mudahan korban meninggal dunia husnul khotimah, keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kasabaran. Korban selamat segera pulih dan sehat. Para petugas di lapangan yang sedang evakuasi diberi kekuatan, kesehatan dan keselamatan," tutur Dony Ahmad Munir ketika meninjau lokasi kecelakaan bus Sri Padma Kecana yang masuk ke jurang.

 BACA JUGA : UPDATE NEWS Kecelakaan Bus Sri Padma Kencana di Jln. Raya Wado Malangbong, Korban Meninggal  27 Orang Luka-Luka 39 Orang

 

Menurut Dony, Tanjakan Cae sendiri selama ini dikenal sebagai jalur maut karena dikenal menjadi daerah yang rawan kecelakaan.

"Tanjakan Cae yang ada di kaki Gunung Cakrabuana merupakan kawasan rawan kecelakaan lalu lintas," ujar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir,  Kamis (11/03/2021).

Dia juga mengungkapkan, selain jalannya yang terjal, tanjakan itu juga minim penerangan lampu di malam hari. Lantaran setiap pengendara  yang lewat di Tanjakan Cae harus berhati-hati agar tidak terjadi insiden kecelakaan.

BACA JUGA :UPDATE NEWS kecelakaan Bus, Inilah Sejarah Tanjakan Cae Sumedang yang Menelan Puluhan Korban Jiwa

Ia menuturkan jumlah korban yang meninggal Dunia Sebanyak 27 orang yakni dari Guru sekolah, Orang tua dan Siswa, 39 luka Berat dan Luka ringan, 11 orang sudah dibawa pulang setelah berkoordinasi dengan pihak RSUD Sumedang dengan Dinkes Kabupaten Subang.

"Hingga kini penyebabnya masih dalam penyelidikan pihak Polda jabar,"katanya.

Diketahui, rombongan bus itu berasal dari satu SMP di kawasan Cisalak, Subang. Mereka baru saja melakukan ziarah ke Pamijahan, Kabupaten Tasikmalaya dan berwisata ke objek Pangandaran yang katanya mau melewati Bandung malah balik arah ke jalan alternatif tersebut. (Kris)

BACA  JUGA : UPDATE NEWS Kecelakaan Bus Sri Padma Kencana :Bupati Sumedang Batasi Kendaraan Besar

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait