Olahraga yang Cocok Untuk Meredakan Nyeri Haid (PMS) yang Mudah Dilakukan

Kesehatan —Jumat, 12 Mar 2021 11:08
    Bagikan:  
Olahraga yang Cocok Untuk Meredakan Nyeri Haid (PMS) yang Mudah Dilakukan
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Menstruasi adalah hal yang pasti terjadi setiap bulannya pada wanita. Tidak jarang, kondisi ini dapat membuat wanita mengalami rasa nyeri. Namun, enggak perlu khawatir. Pasalnya, terdapat beberapa cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.

Perasaan nyeri dan kram yang menyakitkan ketika menstruasi terkadang menjadi momok tersendiri sehingga dapat mengganggu aktivitas seseorang. Hal tersebut membuat wanita hanya ingin berada di atas kasur hingga rasa nyeri tersebut hilang.

Nyeri yang berlebihan pada periode menstruasi umumnya disebut dengan stagnasi, yaitu ketika wanita merasa kekurangan energi. Untuk mengatasi nyeri saat menstruasi, penting bagi kamu untuk mengetahui alasan seseorang yang sedang menstruasi akan merasakan nyeri.

Umumnya, rahim harus melepaskan lapisan alami setiap bulan ketika otot-otot rahim mengalami kontraksi. Pembuluh darah yang disuplai ke rahim pun akan menjadi sempit. Aliran darah pun akan berkurang, akibatnya rasa sakit pun akan muncul saat menstruasi.

BACA JUGA : Prostitusi Online Memperdagangkan Anak Dibawah Umur, Dibongkar Unit IV Siber Polda Jawa Timur

Jenis olahraga untuk mengatasi nyeri PMS yaitu:⠀

1. Jalan Sehat
Anda bisa melakukan jalan sehat secara rutin setiap pagi atau sore hari. Saat jalan, usahakan untuk tidak terlalu pelan, berisi sedikit tenaga layaknya melakukan jalan cepat.

2. Jogging dengan Intensitas Sedang⠀
Kalau Anda merasa bosan untuk sekadar jalan kaki, kenapa tidak melakukan jogging saja. Gunakan sepatu yang tepat dan pakaian yang nyaman. Pilih medan yang lebih aman seperti di taman atau lapangan rumput. Batasi lari selama 15-20 menit saja. Jangan berlebihan atau berhenti kalau Anda merasa tidak nyaman.

3. Angkat Beban dengan Intensitas Sedang⠀
Angkat beban sebenarnya bisa dilakukan dengan intensitas sedang. Anda bisa melakukan gerakan apa pun dengan bantuan mesin. Pastikan gunakan beban yang tidak terlalu berat atau ringan.

4. Berenang⠀
Lakukan selama kurang lebih 30 menit dengan gerakan yang tepat. Berenang akan melatih seluruh otot di tubuh. Jika dilakukan secara rutin, maka Anda bisa terhindar dari rasa nyeri PMS.

5. Meditasi⠀
Olahraga dengan meditasi ini bisa dilakukan kapan saja khususnya saat di rumah. Batasi seminggu sekitar 2-4 kali kalau tubuh belum terbiasa. Selain bisa mencegah nyeri PMS, meditasi juga bisa membantu menenangkan pikiran Anda.

BACA JUGA : Olahraga yang Cocok Untuk Meredakan Nyeri Haid (PMS) yang Mudah Dilakukan

Editor: Reza
    Bagikan: