4 Cara Agar Tidur Malam Lebih Nyenyak

Kesehatan —Jumat, 12 Mar 2021 15:51
    Bagikan:  
4 Cara Agar Tidur Malam Lebih Nyenyak
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG 

Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Tidur malam hari adalah waktu terbaik untuk istirahat. Namun ada kalanya beberapa orang mengalami kesulitan tidur dan pada akhirnya harus mengorbankan waktu untuk tidur hanya sejenak.

BACA JUGA : Menurut Psikolog : 8 Tanda Pria Benar - Benar Mencintaimu

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan jika ingin bisa tidur nyenyak malam hari. Ini yang kamu perlukan :

1. Keadaan gelap

Keadaan gelap atau temaram akan lebih memudahkan tubuh beradaptasi dan menimbulkan perasaan mengantuk yang menenangkan. Ketika lampu dimatikan dan kamar gelap akan membuat otak berpikir bahwa inilah saatnya tidur.

2. Suhu ruangan yang dingin

Tidur dalam keadaan gerah pasti membuatmu sulit tidur, jadi pastikan mandi sore hari dengan kepala dingin dan nyalakan pendingin udara hingga membuatmu nyaman. Kenyamanan suhu ruangan akan mempermudah tubuh terlelap.

3. Aroma terapi

Aroma terapi tidak harus disemprotkan, hanya saja beberapa orang merasa cara ini cukup membantu. Pastikan memilih wewangian yang disukai dan membuat diri mengantuk saat menciumnya.

BACA JUGA : STOP ! Onani atau Masturbasi Berlebihan Ini Akibatnya

4. Sunyi

Jaga kondisi ruangan sunyi atau tidak banyak suara. Ketika malam sunyi, akan membuat tubuh secara biologis membuat tubuh yang lelah terlelap dan tertidur.

Ada banyak cara sederhana yang bisa diterapkan jika kesulitan tidur. Temukan apa yang menyebabkanmu kesulitan tidur dan cari solusinya.

BACA JUGA : 4 Cara Agar Tidur Malam Lebih Nyenyak

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait