Dalam Hitungan Menit Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Tasikmalaya

Jawa Barat —Jumat, 12 Mar 2021 18:34
    Bagikan:  
Dalam Hitungan Menit Puluhan Rumah Rusak  Diterjang Angin Puting Beliung di Tasikmalaya
Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Tasikmalaya. (foto:kris)

POSKOTAJABAR ,TASIKMALAYA.

Hujan deras dengan intensitas tinggi terjadi di beberapa wilayah Kota, Kabupaten Tasikmalaya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mencatat, sedikitnya 25 rumah rusak akibat di terjang angin puting beliung yang terjadi pada, Jumat (12/03/2020) sore.

Puluhan rumah yang rusak disapu puting beliung tersebut berada di Kampung Bojong Kupa, RT 01 RW 08, RT 06 RW 12, RT 04 RW 18, Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya.

“Data yang baru masuk baru 25 rumah yang rusak. 17 rusak ringan, 6 rumah rusak sedang, dan 2 rumah rusak berat,” ujar Kasi Penanganan Bencana BPBD Kota Tasikmalaya, Erik Yowanda, Jumat (12/03/2021).

Menurutnya, pihak BPBD masih melakukan pendataan dampak angin kencang di wilayah Kota Tasikmalaya, sehingga ada kemungkinan jumlah rumah yang rusak masih bisa bertambah.

“Kerusakan puluhan rumah rata-rata pada bagian atap, dan beberapa pohon yang berada di Jalan Raya Rajapolah, tepatnya di Kampung Panoongan, Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, tumbang akibat sapuan angin puting beliung.

Baca juga: Butuh Waktu 8 Jam dengan Menggunakan Crane Bangkai Bus Sri Padma Kencana Bisa Diangkat Keatas


Sedikitnya ada 4 pohon tumbang di lokasi pabrik pengolahan kayu, di mana pohon tumbang melintang ke badan jalan dan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas” katanya

" Alhamdulillah dalam kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa hanya kerugian materi saja. Pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap dampak bencana angin kencang ini,” ungkapnya.

Sementara di kabupaten Tasikmalaya angin puting beliung merubuhkan beberapa pohon dan menimpa rumah milik warga masyarakat terjadi di kampung kebonsalak RW03 Desa singaparna kec singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Mengakibatkan pohon besar rubuh menimpa beberapa rumah, satu Gerobak milik pedagang di sapu angin kencang dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik Kabupaten Tasikmalaya Irwan saat dihubungi melalui handphonenya membenarkan telah terjadi pohon tumbang dan menimpa rumah, syukur alhamdullilah dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Namun, pihak BPBD akan terus melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah desa dan kecamatan untuk melakukan pendataan rumah yang ruksak akibat angin kencang yang melanda Tasikmalaya. (Kris)

Baca juga: Polisi Gerebek Judi Sabung Ayam di Gudang Jaya Farm, Pelaku bersama Ayam di Amankan


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait