Sarapan Sehat Agar Tubuh Berenergi

Makanan —Sabtu, 13 Mar 2021 10:07
    Bagikan:  
Sarapan Sehat Agar Tubuh Berenergi
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Tidak semua makanan membuat Anda segar dan kembali bertenaga setelah mengalami kelelahan yang sangat menguras energi.

Beberapa jenis makanan justru membuat Anda lebih lelah. Biasanya, hal ini disebabkan karena pemilihan makanan Anda kurang baik. Makanan adalah bahan energi utama, salah-salah memilihnya energi yang Anda hasilkan jadi tak maksimal. Oleh karena itu penting untuk memilah makanan penambah energi yang sehat yang akan mengembalikan tenaga Anda seperti semula.

Selain membuat tubuh berenergi, mengonsumsi menu sarapan sehat dapat memberikan efek positif lainnya untuk kesehatan, seperti menjaga berat badan, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol.

BACA JUGA : Makan Malam Sehat, Cara Membuat Pumpkin Soup, Makanan Enak Sup Labu Tanpa Mixer

Jangan Asal Kenyang

Lantas, asupan apa saja yang harus ada dalam menu sarapan sehat Anda setiap hari? Mungkin, beberapa orang beranggapan asupan yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan berkarbohidrat seperti sereal yang rendah serat atau roti tawar putih, dan makanan lain yang mengenyangkan.

Namun, anggapan itu ternyata salah. Kedua jenis makanan tersebut merupakan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi karbohidrat olahan bisa memicu kadar insulin atau gula darah meningkat.

Karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan terdapat pada makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti nasi coklat dan roti gandum utuh, buah-buahan, serta sayur-sayuran.

Selain karbohidrat, hiasi pula piring Anda dengan makanan yang mengandung protein, misalnya putih telur. Asupan tersebut bisa menjaga stamina sepanjang pagi hari dan mencegah rasa lapar hingga jam makan siang tiba. Kemudian, tambahkan asupan serat di dalam menu sarapan sehat Anda.

BACA JUGA : Menu Makan Siang, Cara Membuat Ayam Teriyaki ala Restoran, Makanan Enak Sederhana

Menu Sarapan Sehat yang dapat Anda Coba

Setidaknya, terdapat 8 pilihan menu sarapan sehat yang dapat Anda coba. Di antaranya:

  • Satu butir telur rebus dan satu buah pisang.
  • Telur dadar dicampur sayuran dan roti gandum utuh.
  • Jus pisang yang dicampur susu rendah lemak dan satu lembar roti gandum utuh.
  • Oatmeal dicampur susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan.
  • Muesli dengan campuran kacang-kacangan, buah, dan biji-bijian, yang direndam dengan yogurt atau susu semalaman.
  • Sereal biji-bijian utuh dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan.
  • Yoghurt rendah lemak dicampur buah-buahan.
  • Susu cokelat, selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, dan buah-buahan.
  • Jus buah dicampur yoghurt rendah lemak.
  • Mungkin sulit menyempatkan waktu untuk menyiapkan dan mengonsumsi sarapan. Terlebih saat pagi hari, yang dikenal sebagai jamnya orang sedang terburu-buru untuk berangkat kerja.

BACA JUGA : Menu Sarapan Pagi, Cara Membuat Nasi Goreng Pattaya, Makanan Enak yang Menggugah Selera

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan sarapan, yakni :

  • Anda bisa memasak menu sarapan Anda di malam hari, lalu saat pagi hari Anda bisa menghangatkannya kembali.
  • Agar mempersingkat waktu saat menyiapkan menu sarapan sehat, disarankan menyiapkan bahan-bahan makanan pada malam hari sebelum Anda tidur. Jadi ketika pagi hari, Anda bisa dengan mudah mengolahnya tanpa harus mencari di mana letak bahan-bahan makanan tersebut.
  • Jika Anda tidak sempat sarapan di rumah, Anda bisa mengemas bekal sarapan di malam hari. Jadi ketika pagi tiba, Anda bisa langsung membawa bekal sehat Anda untuk sarapan.
  • Mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari pola hidup sehat. Oleh karena itu, pertahankan pola makan seperti ini. Dengan sarapan, Anda juga bisa terbebas dari mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan juga berat badan Anda.

BACA JUGA : Sarapan Sehat Agar Tubuh Berenergi

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait