Dua Kecamatan di Indramayu Rawan Gempa Bumi Level Menengah sampai Tinggi

Jawa Barat —Sabtu, 13 Mar 2021 10:54
    Bagikan:  
Dua Kecamatan di Indramayu Rawan  Gempa Bumi Level Menengah sampai Tinggi
Caya (kiri) memberikan penjelasan tentang perkembangan Sesar Baribis di Kabupaten Indramayu. (foto:Yan)

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu menyebut 2 kecamatan di Indramayu dilintasi sesar atau Patahan Baribis. Dampaknya bisa membahayakan. Bisa memicu gempa bumi.  

Plt. Sekretaris BPBD Indramayu, Caya dihubungi Sabtu (13/03/2021)  mengatakan,  dua kecamatan yang dilintasi Sesar Baribis  itu adalah  Kecamatan Terisi dan Kecamatan Gantar. Padahal, ujarnya,   sebelumnya Sesar Baribis hanya melintasi Kecamatan Terisi saja. Tapi kini Sesar Baribis  makin meluas hingga Kecamatan Gantar.

Sesar ini,  kata Caya, dapat memicu gempa bumi. Hal itu terjadi karena pergerakan aktif  yang ditimbulkan oleh Sesar Baribis. “Oleh sebab itu masyarakat diminta agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap pergerakan Sesar Baribis,” ujarnya.

"Data ini berdasarkan kajian  Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM,  terkait peta prakiraan wilayah terjadinya gerakan tanah," ungkap Caya.

Caya menambahkan, status kedua kecamatan itu berada di level menengah sampai tinggi.

Baca juga: Kabar Gembira !!! Yang Tidak Lolos Prakerja Gelombang 13 Bisa Mendapat Dana Komisi Dengan Cara Ini


 Alat Pendeteksi Gempa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memberikan bantuan  alat pendeteksi gempa kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Ada tiga alat yang diberikan. Dua di antaranya dipasang di Kantor BPBD Kabupaten Indramayu. Satu alat lagi dipasang di wilayah Kecamatan Cikedung.

Ini merupakan upaya. BPBD Indramayu terus melakukan sosialisasi. Memberikan edukasi kepada masyarakat soal bencana gempa bumi.   "Edukasi kepada masyarakat terus kita lakukan. Mereka kita beri pengetahuan dasar tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi dan lain sebagainya," ujar dia. (Yan)

 

 Baca juga: Dua Menteri Bahas Pemasangan GeNose di Bioskop, Pemkot Bandung Senang Saja



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait