Angka Peserta Program Keluarga Berencana di Cimahi Lampaui Target

Jawa Barat —Minggu, 14 Mar 2021 10:48
    Bagikan:  
Angka Peserta Program Keluarga Berencana di Cimahi Lampaui Target
Angka peserta program KB di Cimahi ternyata melampaui target. (Foto: Ist

POSKOTAJABAR, CIMAHI.

Angka peserta program Keluarga Berencana (KB) 2020 di Cimahi telah melampaui target. Karena dari target yang diprediksi 57,24 persen, kepesertaannya mencapai 79,06 persen Pasangan Usia Subur (PUS) yang mengikuti program tersebut.

Hal itu berdasarkan data di Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, jumlah PUS yang terdata sepanjang tahun 2020 mencapai 93.963 pasangan.

“Kalau target kita tercapai. Targetkan 57,24 realisasinya 79,06 persen,” kata Sekretaris DinsosP2KBP3A Kota Cimahi, Fitriani Manan.

Fitriani mengatakan, kebanyakan pasangan masih menggunakan KB jangka pendek seperti suntik yang mencapai 39.188 pasangan. Disusul penggunaan IUD sebanyak 19.985 pasangan, penggunaan pil sebanyak 9.589 pasangan.

Lalu ada juga yang menggunakan MOW sebanyak 2.804 pasangan, penggunaan kondom sebanyak 1.709 pasangan, penggunaan implant sebanyak 819 pasangan, dan MOP sebanyak 196 pasangan.

“Iya memang kebanyakan masih pakai yang jangka pendek di kita. Tapi yang jangka panjnag juga tetap sesuai target,” ucap Fitriani.


Baca juga: Video Remaja Mesum di Pinggir Jalan Hebohkan Jagat Maya


Jangan Menggunakan KB Jangka Panjang

Untuk pasangan baru yang belum memiliki anak, Fitriani menyarankan agar tidak menggunakan KB jangka panjang bagi yang ingin menunda memiliki momongan. Sebab akan membuat hormon kering. Sementara bagi pasangan yang sudah memiliki dua anak lebih, ia menyarankan untuk menggunakan KB jangka panjang.

“Jangka panjang itu kan ada implant, MOP, MOW, IUD. Kalau jangka pendek ada pil, suntik, kondom,” jelas Fitriani.


Rencananya, pihaknya bakal menggagas Sekolah Siaga Kependudukan. Melalui program tersebut, remaja bakal diberikan edukasi seputar pernikaha, usia reproduksi hingga tentang kependudukan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, Rosi Desrita mengatakan, populasi jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah. Berdasarkan data hasil konsolidasi akhir tahun 2020, jumlah penduduk di kota mungil ini mencapai 557 jiwa.

Rinciannya, jumlah penduduk laki-laki sebagai 280.760 jiwa dan perempuan sebanyak 277.157 jiwa. Populasi tersebut meningkat dibandingkan data semester I tahun 2020 yang mencapai 555.966 jiwa. Bagdja)


Baca juga: Anggota Bawaslu RI Resmikan PPID Kabupaten Pangandaran


Editor: Suherlan
    Bagikan: