Menteri Kelautan dan Perikanan Tinjau Pelabuhan Karangsong Indramayu

Jawa Barat —Minggu, 14 Mar 2021 21:05
    Bagikan:  
Menteri Kelautan dan Perikanan Tinjau Pelabuhan Karangsong Indramayu
Bupati Indramayu Nina Agustina bersama Menteri Kelautan dan Perikanan R.I, Sakti Wahyu Trenggono dan Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Ono Surono saat berada di Pelabuhan Perikanan Karangsong, Indramayu, M

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono mengemukakan, kondisi  Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sub sektor perikanan tangkap saat ini menuju angka Rp 12 triliun.

 Bila pendapatan negara dari sub sektor perikanan tangkap bertambah, perbaikan infrastruktur pelabuhan bisa lebih mudah dilakukan. Di samping itu, bantuan sosial untuk nelayan seperti bantuan kapal, asuransi, juga bisa lebih ditingkatkan volume dan nilainya.

 Ia mengemukakan hal itu ketika bersama Bupati Indramayu Nina Agustina, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Ono Surono, Kadis Perikanan dan Kelautan Indramayu Edi Umaedi dan pejabat terkait lainnya meninjau kondisi Pelabuhan Karangsong, Kecamatan dan Kabupaten Indramayu, Jabar, Minggu (14/03/2021).  

Baca juga: Kecelakaan Pick Up Melawan Minibus di Pangandaran, Diduga Jalan Berlubang Jadi Penyebabnya


Standar Infrastruktur yang Memadai

Dikatakan, pelabuhan perikanan menurutnya harus memiliki standar infrastruktur yang memadai. Hal ini supaya kualitas produksi perikanan ikut terjamin. Apalagi ujarnya ikan yang mendarat di Pelabuhan Karangsong cukup banyak. Jumlahnya  lebih dari 18.445 ton pada tahun 2020 atau senilai Rp365 miliar.

Ikan-ikan yang didaratkan di pelabuhan ini juga diminati pasar. Salah satunya ikan Manyung. Sedangkan jumlah armada kapal yang beroperasi di sana mencapai 1.322 unit.

Dengan demikian, perbaikan infrastruktur dari penambahan perolehan PNBP nantinya juga dapat meningkatkan perputaran ekonomi yang dihasilkan oleh operasional pelabuhan. "Ini harus terbangun," jelas Menteri Trenggono.

Di Pelabuhan Karangsong, Menteri Trenggono juga berdialog dengan nelayan serta anak buah kapal yang sehari-hari bekerja di sana. Dia meminta agar para nelayan terus mengutamakan keselamatan dan kesehatan saat bekerja.

“Tujuan dari program ini salah satunya untuk mendorong perbaikan kualitas infrastruktur pelabuhan perikanan di Indonesia. "Untuk teknisnya ada di Ditjen Perikanan Tangkap. Dan kita harus rutin koordinasi supaya program bisa segera diimplementasikan," ujar Menteri Trenggono.

   Bupati Indramayu, Nina Agustina ikut mendampingi kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan R.I, Sakti Wahyu Trenggono berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.

Baca juga: Puluhan Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang di Tasikmalaya


Potensi Terbesar di Jawa Barat

Bupati Nina Agustina mengungkapkan, potensi perikanan di Kabupaten Indramayu merupakan potensi terbesar di Jawa Barat. Meliputi 4 sub sektor yakni perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan perikanan, dan garam.

Dikatakan, pentingnya peningkatan status TPI Karangsong dari Pangkalan Pendaratan Ikan Indramayu menjadi Pelabuhan Perikanan Nusantara.

"Pelabuhan yang berfungsi salah satunya sebagai bongkar muat, distribusi dan pemasaran ikan serta data produksi hasil penangkapan ikan. Peran KKP dalam mengelola pelabuhan harus maksimal," terangnya

Ia mengemukakan, rencana pembangunan Pelabuhan Karangsong merupakan gerbang utama peningkatan produksi perikanan tangkap di Kabupaten Indramayu. Apalagi kondisi saat ini status  Pangkalan Pendaratan Ikan Indramayu dengan jumlah kapal yang banyak dan besar. 

 Pemkab Indramayu berjuang menjadikan Pangkalan Pendaratan Ikan Indramayu Karangsong sebagai Pelabuhan Perikanan Nusantara/Samudra dengan segala fasilitas pendukungnya.

Baca juga: Seorang Pengendara Motor Tewas Dibacok Sekelompok Begal


Modernisasi Alat Tangkap

Selain itu, pembangunan prasarana dan sarana di tempat pelelangan ikan (TPI). Contohnya  modernisasi alat tangkap, kolam dan tambat labuh, bangunan dan lantai lelang, normalisasi alur sungai dan muara, pembangunan cold storage, galangan kapal, pusat informasi kelautan dan perikanan, stasiun pengisian bahan bakar nelayan dan jaringan jalan dan listrik kedepan harus memadai.

Dalam 99 program prioritas juga akan meningkatkan status pangkalan pendaratan ikan (PPI) Karangsong menjadi pelabuhan perikanan nusantara/samudra," terangnya.

Bupati Nina Agustina menyambut baik program terobosan yang disampaikan Menteri Trenggono, guna peningkatan PNBP, potensi PAD serta upaya mensejahterakan masyarakat nelayan di Kabupaten Indramayu. "Alhamdulillah semoga semuanya bisa segera berjalan, karena ini untuk kemajuan Indramayu," ujar Bupati Nina. (Yan)

Baca juga: Penayangan Prosesi Lamaran Aurel dan Atta Diprotes, Ini Kata Denny Siregar


 

 

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait