Gagal Cair : Simak Informasi BLT Subsidi Gaji 2021

Nasional —Senin, 15 Mar 2021 09:32
    Bagikan:  
 Gagal Cair  : Simak Informasi BLT Subsidi Gaji 2021
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Bantuan Langsung Tunai atau BLT subsidi gaji 2021 dikabarkan tidak akan cair ,berikut informasi lengkapnya.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan masih mempertimbangkan pengadaan bantuan BLT subsidi gaji 2021 kepada para pekerja.

Pasalnya, BLT subsidi gaji tidak dianggarkan pemerintah pada APBN 2021. Sebagai gantinya, Kemnaker menyediakan bantuan Kartu Prakerja untuk tahun ini.

Setelah pengumuman BLT subsidi gaji 2021 yang belum pasti, akhirnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara terkait kelanjutan program ini.

BACA JUGA : Bantuan BST Rp300 Ribu Sudah Cair, Begini Cara Mendapatkannya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan alasan mengapa BLT subsidi gaji tidak lagi dialokasikan pada 2021.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Airlangga Hartarto pada talkshow daring yang ditayangkan kanal YouTube resmi milik BNPB pada 9 Maret 2021.

Menurut Airlangga Hartarto, pemerintah akan lebih fokus pada upaya perlindungan sosial melalui sektor yang produktif untuk tahun 2021.

"Perlindungan sosial di tahun ini beda dengan tahun lalu di mana tahun lalu kita memang memberikan subsidi gaji," kata Airlangga Hartarto

"Tetapi memang kita dorong tahun ini lebih kepada sektor yang produktif agar menggerakkan dua hal," kata Airlangga Hartarto menambahkan.

Dua hal yang menjadi target dalam sektor produktif tersebut adalah mengurangi jumlah individu yang tidak bekerja dan mendorong daya beli bagi orang yang bekerja.

Untuk itu, perlindungan sosial pada tahun ini lebih menitikberatkan program padat karya untuk berbagai sektor. Yang berimbas pada tidak berlanjutnya program BLT subsidi gaji 2021.

"Jadi program padat karya didorong apakah itu pertanian. Apakah itu infrastruktur. Juga kita dorong untuk UMKM," tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah memastikan dan menyanggupi untuk melanjutkan program BLT subsidi gaji pada 2021.

Namun, anggaran dana untuk pencairan BSU BLT subsidi gaji tak lagi terealisasi dalam APBN 2021.

BACA JUGA : Rutan Mabes Polri Mirip Pesantren, Habib Rizieq Shihab Lakukan Berbagai Kegiatan Keagamaan

Hal tersebut juga diakui oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, yang mengatakan bahwa dana BLT subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) tidak ada di anggaran APBN tahun 2021.

"Sementara, memang di APBN 2021 BSU tidak dialokasikan. Nanti dlihat bagaimana kondisi ekonomi berikutnya," kata Ida Fauziyah.

Lebih lanjut, menurut Ida Fauziyah, program BLT subsidi gaji tersebut akan tetap dilanjutkan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi perekonomian nasional tahun 2021.

"Nanti kami lihat kondisi ekonomi berikutnya," kata Ida Fauziyah.

Sebagai gantinya, Menaker Ida Fauziyah menjelaskan bahwa pemerintah juga mengandalkan program Kartu Prakerja untuk memberikan insentif bagi pekerja terdampak pandemi Covid-19.

"Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan," kata Ida Fauziyah.

Dengan demikian, pelaksanaan BLT subsidi gaji pada 2021 tidak akan dilanjutkan oleh pemerintah. Merujuk pernyataan Airlangga Hartarto, anggaran bantuan ini akan beralih pada program perlindungan sosial di sektor produktif.

BACA JUGA : Gagal Cair : Simak Informasi BLT Subsidi Gaji 2021

Editor: Reza
    Bagikan: