Unik, Dinding Gang di Kebonkalapa Kota Sukabumi Dilukis Mural Sepanjang 200 Meter

Gaya Hidup —Senin, 15 Mar 2021 10:07
    Bagikan:  
Unik, Dinding Gang di Kebonkalapa Kota Sukabumi Dilukis Mural Sepanjang 200 Meter
Tim komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabum, foto bersama di salah satu sudut dinding mural, di Kebonkalapa, Kelurahan Kebonjati.(foto;hendra)

POSKOTAJABAR,SUKABUMI.

Kebanyakan sudut gang menuju pemukiman  terkesan kumuh dengan berbagai coretan gambar tidak beraturan ulah oknum tidak bertanggung jawab. Namun, pemandangan berbeda disuguhkan di kawasan Kebon Kalapa, Kelurahan Kebonjati, Kota Sukabumi. Lokasi ini dihiasi dengan berbagai gambar mural dam lampu lampion  karya Karang Taruna setempat.

Pemandangan unik itu pun menjadi spot swafoto favorit bagi warga Kota Sukabumi, tidak sedikit warga yang mengabadikan momentnya di lokasi itu dan kemudian menyebarkannya  di media sosial.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Kebon Jati, Mauly Fahlevi Prawira, mengatakan, berbagai hiasan dinding beripa seni mural itu merupakan bagian dari kampoeng lampion. Selain seni mural, kampung lampion tentunya dihiasi juga dengan  hiasan lampion gantung untuk mempercantik kawan tersebut.

"Ini berawal dari gagasan rekan-rekan karang taruna yang ingin merubah paradigma negatif terhadap generasi muda di Kota Sukabumi,"ujar dia, saat diwawancarai, Senin (15/03/2021).

Baca juga: Muncul Lagi Klaster Sekolah :Puluhan Guru dan Siswa Terpapar Covid-19 di Kota Tasikmalaya


Implementasi Program Kotaku


Levi melanjutkan, kegiatan tersebut juga merupakan implementasi dari program pemerintah pusat yakni, program Kotaku.

"Awalnya memang dari program Kotaku, sehingga kami memiliki ide dan gagasan dalam menciptakan sarana wisata denga keterbatasan Kota Sukabumi," katanya.

Levi melanjutkan, pelukisan mural dilakukan secara bertahap di beberapa sudut dinding, hingga saat ini sudah mencapai total sepangang kurang lebih 200 meter.

"Kita tergetnya ingin seluruh kawasan Kebon Kalapa bisa digambar mural. Mudah - mudahan bisa tercapai,"ucapnya.

Levi berharap, kehadiran Kampung Lampion tersebut dalat menumbuhkan roda ekonomi masyarakat. Dengan banyaknya pengunjung ke area Kampoeng Lampion, sambung Levi, tentu kedepan akan ada beberapa proses transaksi yang bisa dijadikan lumbung pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

"Roda ekonomi bisa dimulai dari  parkir hingga adanya pasar ataunkonsumen baru bagi para masyarakat yang biasa berjualan di sekitar area tersebut. Mudah- mudahan ini bisa terwujud,"tandasnya.

Baca juga: BKN RI Akan Segera Membuka Seleksi Resmi CPNS 2021 , Wajib Siapkan Beberapa Dokumen Ini Segera!


Sangat Inspiratif

Kasubag komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi, Ross Pristianasari, mengapresiasi kreatifitas anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Kebonjati  yang telah  menyalurkan bakat dengan cara positif dan bisa dinikmati oleh orang banyak,

"Ini sangat inspiratif sekali, saya sangan merasa bangga melihat ini,"ujar Oci, sapaaan akrab Ross Pristianasari, saat dihubungi melaluo sambungan selullar, senin (15/3/2021).

Oci mengungkapkan, dirinya pun merasa terinspirasi untuk membuat kawasan sekitar tinggalnya untul digambari mural, agar terlihat lebih cantik dan tematik. "Saya pribadi merasa terinspirasi, iginnya  dinding dan jalan sekitar tempatntinggal saya dibuat seperti  permainan halma atau ular tangga,"ucapnya.

Oci berharap, kreatifitas pemuda Kebonjati itu dapat dicintoh oleh warga di wilayah lainnya, dengan cara merangkul para  seniman jalanan yg sering mengapreasikan karya mereka di dinding atau tembok jalan utama di sukabumi.

"Semoga bisa dapat menjadi contoh bagi warga lainnya, sehingga penampilan Kota Sukabumi menjadi lebih bagus,"pungkasnya. (Hendra)


Baca juga: Gagal Cair : Simak Informasi BLT Subsidi Gaji 2021

Editor: Suherlan
    Bagikan: