Luka Batin Masa Kecil atau Inner Child yang Bisa Terbawa Hingga Dewasa

Kesehatan —Senin, 15 Mar 2021 13:17
    Bagikan:  
Luka Batin Masa Kecil atau Inner Child yang Bisa Terbawa Hingga Dewasa
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Inner child adalah sisi kepribadian seseorang yang terbentuk dari pengalaman masa kecil. Kondisi ini dapat memengaruhi bagaimana Anda membuat keputusan.

Inner child adalah sisi kepribadian seseorang yang terbentuk dari pengalaman masa kecil. Bisa juga diartikan sebagai sosok anak kecil yang masih melekat dalam diri Anda.
Anak kecil dalam diri Anda tidak pernah pergi dan menetap di alam bawah sadar. Mereka memengaruhi bagaimana Anda membuat keputusan, merespons masalah, dan menjalani kehidupan.

Pengalaman kanak-kanak yang tidak menyenangkan atau kurangnya pengasuhan dalam keluarga dapat terus membekas dalam diri seseorang. Saat tumbuh dewasa, hal ini bisa bermanifestasi dalam berbagai bentuk perasaan dan perilaku negatif. Mulai dari perasaan tidak dicintai, mudah cemas, sulit percaya orang lain, dan sebagainya.
Apabila terus dibiarkan, inner child yang terluka dapat menghambat perkembangan diri Anda sebagai orang dewasa.

Semua orang pasti bertambah tua. Namun faktanya, tak semua orang dapat menjadi dewasa.
Kedewasaan yang sejati adalah ketika Anda sudah menyadari dan menyembuhkan ‘anak kecil’ dalam diri Anda yang menyimpan rasa sakit, trauma, serta amarah.

BACA JUGA : Berikut Alasan Kenapa Wanita Keras Kepala Adalah Calon Istri Terbaik

Untuk sebagian orang, pengalaman luka batin yang dialami saat anak-anak ternyata memiliki peranan yang besar pada kehidupan mereka saat dewasa.
Penulis buku The 5 Wounds That Keep You from Being Yourself yaitu Lisa Bourbeau menuliskan bahwa ada lima luka batin masa kecil yang bisa terus terbawa seumur hidup, yaitu:

1. Perasaan takut ditinggalkan atau diabaikan
Saat kecil merasakan tidak dipedulikan, hingga dewasa membuatnya takut sendirian, merasa terisolasi dan tidak terlindungi.

2. Perasaan takut ditolak
Ditolak dalam pergaulan / dalam keluarganya sendiri saat anak-anak, ketika dewasa mereka akan tumbuh jadi pemalu, menarik diri dari pergaulan dan sulit dipahami.

3. Penghinaan
Bisa membuat orang merasa jadi tidak berharga.

4. Pengkhianatan
Saat kecil, janjinya sering dilanggar orang lain, dan ketika dewasa jadi mudah curiga, berpikiran negatif, takut percaya dengan orang lain, bahkan iri pada yang dimiliki orang lain.

5. Ketidakadilan
Orang akan tumbuh jadi pribadi yang kaku.

Berdamai dengan diri sendiri, terima luka di masa lalu sebagai bagian hidup, karena sisi tersebut lah yang membentuk kita saat ini.

BACA JUGA : Luka Batin Masa Kecil atau Inner Child yang Bisa Terbawa Hingga Dewasa

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait