8 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan —Senin, 15 Mar 2021 13:57
    Bagikan:  
8 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh
Daun Mint ( unsplash )

POSKOTAJABAR, BANDUNG


Daun mint sering dijadikan penambah rasa untuk makanan, minuman, hingga produk perawatan tubuh. Selain dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan, daun mint tenyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apakah kamu suka mengonsumsi daun mint? Supaya mendapatkan manfaat lebih maximal, cari tahu lebih dalam Yuk mengenai 8 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh .


Baca juga: Makanan Enak, Resep Oseng Kikil Mercon

1. Mengurangi gejala flu dan Pilek

Daun mint sering dipakai untuk obat pereda pilek dan flu. Kandungan daun mint dipercaya memiliki efek dekongestan yang dapat mencairkan lendir hidung yang membuat tersumbat. Tak hanya itu, efek daun mint juga berfungsi meningkatkan aliran udara pada saluran pernapasan.

2. Membantu meringankan kulit yang iritasi

Kandungan daun mint juga bermanfaat untuk kulit. Efek dingin yang terasa pada daun mint membantu menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan. Coba oleskan remasan daun mint pada kulit yang memiliki gejala iritasi. Oleskan secara perlahan agar tidak melukai bagian kulit tersebut.

3. Meredakan sakit kepala akibat stress

Stres atau cemas berlebihan dapat mengakibatkan sakit kepala. Agar lebih rileks dan tidak tengang, kamu bisa coba mengoleskan minyak daun mint di dahi dan pelipis. Efek rileks yang ditimbulkan oleh minyak daun mint mampu meredakan sakit kepala.



Baca juga: RAMALAN Zodiak Cinta Selasa 16 Maret 2021, Taurus Mengubur Masa Lalu, Leo Kekasih Baru

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Daun mint memiliki kandungan menthol. Senyawa alami tersebut dapat memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan. Makanya, tak heran jika daun mint banyak digunakan pada obat pereda gangguan pencernaan. Gunakan minyak daunt mint atau teh dengan campuran daun mint untuk meredakan gangguan pada pencernaan. Daun ini diyakinin efektif untuk menyembuhkan gangguan yang menyerang usus besar.

5. Mencegah ketombe pada kulit kepala

Cara alami yang paling tepat untuk mencegah dan mengobati ketombe di kulit kepala adalah dengan menggunakan daun mint. Kamu bisa memijat kulit kepala menggunakan daun mint sebelum keramas. Kandungan anti-septik dan anti-bakteri pada daun mint mampu menenangkan iritasi dan gatal pada kulit akibat ketombe.

6. Meredakan gatal dan alergi kulit

Untuk mengunakan daun mint sebagai pereda rasa gatal, coba remas daun mint dan oleskan pada bagian kulit yang gatal. Lakukan dengan perlahan agar kulit tidak iritasi.Beberapa kandungan daun mint diantaranya adalah antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua kandungan tersebut terbukti bermanfaat untuk meredakan gatal yang disebabkan karena alergi pada kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu membantu membuang racun dari dalam tubuh.

7. Menyegarkan bau mulut dan menjaga kesehatan gigi

Aroma mint membantu mengatasi bau mulu serta menyegarkan napas. Selain itu, efek anti-bakteri di dalam kandungan daun mint juga dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.Kamu pasti sering menemukan pasta gigi, obat kumur, atau permen karet dengan aroma dan rasa mint. Tidak hanya memiliki sensasi dingin yang menyegarkan, tanaman herbal spesies Mentha ini juga bermanfaat untuk kesehatan mulut dan gigi.

8. Membantu meredakan kram saat mentruasi

Saat masa mentruasi tiba, kram perut pasti melanda kaum perempuan. Sering kali keram perut ini terjadi begitu hebat hingga tak tertahankan. Untuk kamu yang sering mengalami kejadian tersebut saat masa mentruasi, coba konsumsi teh dan dicampur dengan daun mint. Campuran ini diyakini dapat membantu meredakan kram dan nyeri saat menstruasi. ( rny )

Baca juga: Mitos atau Fakta?, Sakit Pinggang Tanda Ginjal Bermasalah, Cek di Sini!

 


Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait