Kabar Duka dari Tokoh Muslim Tionghoa, Muhammad Ramdhan Effendi (Anton Medan), Meninggal Dunia dalam Usia 63 Tahun

Nasional —Senin, 15 Mar 2021 17:51
    Bagikan:  
Kabar Duka dari Tokoh Muslim Tionghoa, Muhammad Ramdhan Effendi (Anton Medan), Meninggal Dunia dalam Usia 63 Tahun
Tokoh muslim Tionghoa, Muhammad Ramdhan Effendi, lebih dikenal dengan nama Anton Medan, meninggal dunia. (medcom)
POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Kabar duka dari Perkumpulan Tionghoa. Tokoh muslim Tionghoa, Muhammad Ramdhan Effendi atau lebih dikenal dengan nama Anton Medan, meninggal dunia. Tokoh yang dulunya dekat dengan dunia premanisme itu, meninggal dunia hari ini di kediamannya daerah Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor. Ia meninggal dalam usia 63 tahun. 

Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa (PITI), Ipong Hembiring Putra, membenarkan mengenai meninggalnya Anton Medan ini.  "Benar beliau meninggal dunia Senin, 15 Maret 2021 di Cibinong Kabupaten Bogor," kata Ipong Hembiring Putra, Senin (15/3/2021).


Menurut Ipong, rencannya jenazah Anton Medan akan langsung dimakamkan hari ini. "Berdasarkan kepuitusan keluarga, akan langsung dimakamkan hari ini juga (Rabu, 15/03/2021. red)," ungkap Ipong.

Ipong sendiri begitu mendengar kabar duka itu, langsung berangkat ke Cibinong, ke rumah duka di daerah Pondok Rajeg. 

Seperti diketahui, Anton Medan merupakan tokoh muslim Tionghoa. Ia menjadi tokoh yang sangat ditakuti karena kehidupannya dekat dengan dunia premanisme. Anton Medan sendiri merupakan keturunan Tionghoa dan dilahirkan dengan nama Tan Hok Liang.


Di era Orde Baru, Anton Medan dikenal sebagai preman yang sangat ditakuti. Saat itu, ia merupakan perampok dan bandar judi. Namun, kemudian dia insaf dan pada tahun 1992 memilih menjadi mualaf dan memeluk Islam. Kemudian ia menjadi pengurus atau Ketua PITI sejak 2012. 

Menjadi muslim yang taat, ia bahkan mendirikan sebuah mesjid. Mesjid yang terletak di Pondok Pesantren At-Ta'ibin, Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor itu, diberi nama asli Anton Medan yaitu Masjid Jami' Tan Hok Liang. (nst)


Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait