Kenali Keadaan Dimana Kamu Membenci Diri Sendiri atau Self Loathing

Kesehatan —Selasa, 16 Mar 2021 15:09
    Bagikan:  
Kenali Keadaan Dimana Kamu Membenci Diri Sendiri atau Self Loathing
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Kamu pernah ngga merasa membenci diri sendiri? Mungkin kamu pernah merasakan itu sekali-kali. Keadaan itu disebut self loathing atau self hatred. Self loathing itu sendiri berarti keadaan dimana seseorang terlalu membenci dirinya sendiri.

Kamu boleh mengkritik dirimu sendiri, tapi kalau kamu malah terus menyalahkan diri sendiri dan merasa dirimu tidak berharga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu sedang mengalami self loathing. Terlalu membenci diri sendiri juga bisa menganggu kesehatan mentalmu loh.

Kalau kamu terus membenci dirimu sendiri, kamu bisa menjadi depresi dan diganggu oleh gangguan kecemasan. Self loathing bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti lingkungan yang buruk, trauma bisa juga terjadi karena kamu selalu merendahkan dirimu sendiri.

Namun, bagaimana bisa seseorang jadi membenci dirinya sendiri sebesar itu? Yuk perhatikan beberpa hal dibawah ini biar kamu ngga terjebak di self loathing.

BACA JUGA : Luka Batin Masa Kecil atau Inner Child yang Bisa Terbawa Hingga Dewasa

Self esteem yang rendah

seseorang yang terjebak dikeadaan self loathing biasanya memiliki self esteem yang rendah. Biasanya mereka tidak punya kendali atas kehidupannya sendiri, mereka cenderung tidak dapat mengmbil keputusan penting dalam hidupnya.

Hal ini membuat mereka merasa bodoh karena tidak mampu mengambil keputusan penting dalam hidupnya. Nah karena kamu merasa bodoh, kamu cenderung jadi membenci diri sendiri karena hal itu.

Kalau kamu tidak mampu mengambil keputusan penting, itu gapapa kok! Kamu bisa konsultasikan lagi keputusanmu dengan orang lain, jadi kamu jangan menganggap bahwa dirimu bodoh ya sobat!

Terlalu menyalahkan diri sendiri

kalau kamu memiliki masa lalu yang kelam kamu malah menyalahkan dirimu sendiri atas kejadian itu, hal ini bisa membuat kamu menjadi self loathing. kamu akan berpikiran bahwa kejadian itu terjadi karena kamu yang membiarkan hal itu terjadi.

Padahal, suatu kejadian buruk itu terjadi belum tentu diakibatkan oleh kamu. Pasti ada alasan dibalik semua itu, kamu jangan menyalahkan diri sendiri ya sobat! Kamu harus percaya dengan kejadian yang terjadi pasti ada hikmahnya.

BACA JUGA : Badan Tetap Kurus Meskipun Makan Banyak, Mungkin Ini Alasannya

Tidak bisa menerima kondisi diri seutuhnya

seseorang yang mengalami keadaan self loathing bisa jadi disebabkan karena dirinya tidak dapat menerima kondisi dirinya seutuhnya. Kamu akan selalu membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain. Kamu jadi tidak akan pernah puas dengan apa yang ada di dalam dirimu.

Rasa tidak puas dengan diri sendiri akan mengakibatkan kebencian pada dirimu sendiri. Nah makanya sobat untuk menghindari keadaan self loahing kamu harus bisa menerima dirimu seutuhnya. Kamu harus bersyukur dengan apa yang kamu punya saat ini!

Tidak mendapat dukungan sosial dari lingkungannya

Kalau kamu tidak mendapatkan dukungan sosial dari lingkunganmu, maka perlahan-lahan akan menimbulkan rasa benci pada diri sendiri. Karena tidak mendapat dukungan, kamu jadi merasa tidak dicintai dan tidak diterima leh lingkungan sekitar.

hal ini akan membuat kamu terpuruk dan merasa ada yang salah dengan diri kamu dan perlahan-lahan rasa ini berubah menjadi kebencian terhadap diri sendiri.

Dalam keadaan apapun kamu harus selalu mendukung teman dan keluargamu ya. kalau salah, kamu boleh mengingatkan asal tidak menghakimi. Kamu juga harus selalu mendukung mereka ya agar hal ini tidak terjadi!

Untuk menghindari keadaan self loathing kamu harus mulai dari dirimu sendiri. Kamu harus berdamai dengan dirimu sendiri dan jangan biarkan emosi negative menguasai dirimu ya! -zz- 


BACA JUGA : Kenali Keadaan Dimana Kamu Membenci Diri Sendiri atau Self Loathing


Editor: Reza
    Bagikan: