Bupati KBB Aa Umbara Sutisna dan Anaknya Andri Wibawa Dikabarkan Ditangkap KPK

Jawa Barat —Selasa, 16 Mar 2021 15:32
    Bagikan:  
Bupati KBB Aa Umbara Sutisna dan Anaknya Andri Wibawa Dikabarkan Ditangkap KPK
Detik-detik penangkapan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, dan anaknya, Andri Wibawa oleh KPK di Lembang. (Ist.)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Aa Umbara Sutisna, dan anaknya, Andri Wibawa, dikabarkan ditangkap oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di rumahnya di Lembang, Bandung Barat, Selasa (16/03/2021). Selain Aa Umbara dan Andri Wibawa, turut ditangkap empat orang lainnya yang belum diketahui nama dan jabatannya. 

Menurut sumber yang dapat dipercaya, kronologis penangkapan bupati berlangsung pada hari Sabtu (13/03/2021) sekira pukul 06.00 WIB. Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna dengan empat orang lainnya, keluar dari rumahnya di Kota Baru Parahyangan Padalarang. Kemudian, kembali lagi kerumahnya yang di Lembang, sekitar jam 21.00 WIB.

Tepat jam 23.00 malam, Aa Umbara dan keempat orang tersebut keluar lagi dan dibawa ke rumah dinasnya di Kota Baru Parahyangan. Pada hari Minggu (14/03/2021) dilakukan penyelidikan oleh KPK, terkait kasus-kasus masalah proyek. dan pengadaan bansos, dan ranahnya. Mereka semua dibawa ke KPK. 

Selain menangkap Aa Umbara, KPK juga sekaligus menangkap beberapa pengusaha yang terlibat dalam kasus tersebut. Mereka semua ikut dipanggil pihak penyidik KPK dan sempat dikumpulkan di SPN Cisarua.

BACA JUGA: Musim Panen Tiba Pemerintah Malah Mau Impor 1 Juta Ton Beras, DPR: Kasihan Petani, Harga Gabah Turun Drastis

"Sekarang sudah enam orang nama yang masuk kantong KPK. Ada informasi, sekitar 28 Kepala Desa ddan 18 Aparatur Sipil Negara (ASN) di SKPD KBB yang diduga turut terlibat. Sepertinya bakal terjadi pemecahan rekor," ungkap sumber di sekitar KBB.

Namun, sebuah sumber lainnya menyebutkan, bahwa Bupati KBB, Aa Umbara, dan anaknya, Andri Wibawa, dan empat orang lainnya itu tidak ditangkap. Tetapi, hanya dilakukan penggeledahan, baik di rumah Aa Umbara maupun di tempat-tempat lainnya yang dianggap sebagai tempat penyhimpanan barang-barang bukti.

"Bukan ditangkap, tapi digeledah. Yang digeledah itu tumah Aa Umbara, baik rumah pribadi maupun rumah dinas. Juga ada beberapa tempat lainnya yang diduga menjadi tempat menyimpan barang bukti," ujar sumber lainnya yang juga dekat dengan kalangan KBB.

Beberapa waktu lalu, Aa Umbara dan Andri Wibawa memeang beberapa kali diperiksa oleh pihak KPK. D Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, saat dikonfirmasi terkait pemanggilan tersebut, belum memberikan keterangan pada saat itu.

BACA JUGA: Ikhlas, Kunci Anti Korupsi dan Anti Kegaduhan

Hanya, menurut Ali Fikri, bahwa KPK masih menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait dugaan masalah korupsi anggaran bansos Covid-19.

Namun, akhirnya sejumlah petugas yang memakai rompi KPK mendatangi kediaman Aa Umbara Sutisna di rumahnya yang terletak  di Jalan Murhadi, Lembang Kabupaten Bandung Barat, pada Selasa (16/03/2021).

Beberapa petugas yang mengenakan rompi KPK mengecek rumah bupati dan beberapa rumah lainnya. Menyusuri gang sempit, petugas didampingi anggota kepolisian. (Bagdja)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait