Tahun 2021, Anggaran Perbaikan Bendungan dan Irigasi di Pangandaran Mencapai Rp 18,9 Miliar

Jawa Barat —Selasa, 16 Mar 2021 17:18
    Bagikan:  
Tahun 2021, Anggaran Perbaikan Bendungan dan Irigasi di Pangandaran Mencapai Rp 18,9 Miliar
Petugas DPUTRPRKP saat mengecek irigasi di salah satu Desa di Kecamatan Cijulang (dry)
POSKOTAJABAR, PANGANDARAN. 

Anggaran untuk perbaikan bendungan dan irigasi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada tahun 2021 mencapai Rp. 18.9 miliar. Total anggaran untuk perbaikan bendungan itu, berasal dari APBD Pemkab Pangandaran dan Provinsi Jawa Barat.

"Bendungan dan irigasi di Pangandaran yang akan diperbaiki itu sebanyak 36 lokasi," ujar Kepala Seksi Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUTRPRKP) Pangandaran, Indra Darmawan, kepada POSKOTAJABAR, Selasa (16/03/2021).


Indra mengatakan, anggaran dari Pemkab Pangandaran sebesar Rp. 3.2 miliar, sementara dari Pemeritah Provinsi sebesar Rp. 15.7 miliar. Anggaran dari Pemkab Pangandaran untuk 12 bendungan dan dari pemprov untuk 14 irigasi.

Di Kabupaten Pangandaran sendiri, ungkap Indra Darmawan, tercatat ada 156 irigasi dan bendungan. Namun, sebagian besar kondisinya dalam keadaan rusak. "Setidaknya ada 106 irigasi dalam keadaan baik dan 50 diantaranya mengalami kerusakan," tutur Indra.


Menurut Indra, dari 50 irigasi yang kondisinya rusak saat ini, 36 di antaranya akan diperbaiki pada tahun ini. "Ke 36 titik itu irigasi primer, sekunder, dan irigasi pembuang.

Pada tahun 2021 juga, kata Indra, akan ada perbaikan bendungan dengan anggaran Rp. 1 miliar dari APBD Pangandaran di Kecamatan Sidamulih. "Mudah-mudahan saja dari kegiatan perbaikan irigasi dan bendungan tersebut suplai air dan pembuangan air di areal pesawahan masyarakat bisa normal," paparnya. (dry)
Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait