6 Kiat Sukses Lulus Seleksi CPNS 2021

Nasional —Rabu, 17 Mar 2021 11:47
    Bagikan:  
6 Kiat Sukses Lulus Seleksi CPNS 2021
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia atau BKN RI membuka seleksi resmi CPNS 2021 akan segera dibuka bulan April mendatang.

Kemenpan RB telah mengumumkan pembukaan 1,3 juta lowongan CPNS dan PPPK yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan April 2021 mendatang. Peserta pun harus melalui beberapa tahap untuk sampai dinyatakan secara resmi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pendaftar yang ingin lulus seleksi CPNS 2021 perlu menyimak sejumlah kiat sukses agar berhasil diterima sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Para pendaftar perlu mengikuti beberapa kiat berikut guna sukses terpilih dan lulus seleksi penerimaan CPNS 2021.

Sebelum resmi dibuka, pendaftar bisa berusaha secara maksimal dengan menerapkan enam kiat sukses lulus seleksi CPNS 2021. Pelaksanaan tahap awal seleksi CPNS 2021 akan dibuka pemerintah sebentar lagi, yakni mulai April mendatang.

BACA JUGA : Ini Tahapan yang Akan Dilewati CPNS 2021 hingga Resmi Jadi ASN

Tahap seleksi CPNS 2021 akan mulai dibuka oleh pemerintah pada April depan, yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dalam penyelenggaraan tahun ini, BKN menyediakan portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) untuk menyediakan seluruh informasi terkait pendaftaran seleksi CPNS 2021.

BKN membuka seleksi CPNS 2021 dengan jumlah lowongan pegawai yang lebih banyak dari biasanya, yakni sebanyak 1,3 juta formasi.

Adapun perekrutan paling banyak dari seleksi CPNS 2021 yaitu guru PPPK, yang mencapai 1.000.000 formasi.

Porsi penerimaan PPPK atau Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja pada seleksi CPNS 2021 telah ditambah oleh BKN lantaran kebutuhan tenaga pengajar atau guru yang juga banyak.

Dalam rangka penerimaan pegawai pemerintahan tahun ini, berikut sejumlah kiat sukses agar pendaftar bisa lulus seleksi CPNS 2021.

BACA JUGA : Sebanyak 816 CPNS dan 201 PPPK Pemkot Bandung Mengikuti Mayor Lecture

  • Catat dan Pahami Jadwal Rangkaian Pendaftaran CPNS 2021

Para pencari kerja yang ingin lulus seleksi CPNS 2021 perlu mencatat dan memahami terlebih dahulu jadwal rangkaian pendaftaran yang telah ditentukan.

Dengan mengetahui alur pendaftaran secara detail, peluang pendaftar untuk bisa lulus seleksi CPNS 2021 akan menjadi lebih tinggi.

Jadwal terdekat yakni pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2021 yang rencananya akan dibuka pada April 2021.

  • Pastikan Memenuhi Syarat Pendaftar

Para pendaftar yang ingin bisa lulus seleksi CPNS 2021 perlu memperhatikan syarat berikut.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun;
  3. Tidak memiliki catatan pidana;
  4. Tidak pernah berhenti kerja atas permintaan sendiri ataupun karena dipecat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan untuk pegawai swasta tidak boleh memiliki riwayat pernah dipecat;
  5. Bukan seorang PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang telah terdaftar;
  6. Bukan anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis;
  7. Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dilamar;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  10. Sesuai syarat yang tercantum di atas, para pendaftar harus memastikan diri telah memenuhi kriteria tersebut agar bisa lolos seleksi CPNS 2021.

BACA JUGA : Cara Pembuatan SKCK Online untuk Persiapan Berkas Seleksi CPNS 2021

  • Siapkan Dokumen Persyaratan Utama

Adapun dokumen persyaratan utama yang harus disiapkan calon pendaftar yang ingin lulus seleksi yaitu sebagai berikut.

  1. File scan ijazah pendidikan asli
  2. File scan Transkrip Nilai
  3. File scan surat pernyataan lima poin dan surat pernyataan yang dipersyaratkan oleh instansi yang digabung menjadi 1 file, dengan disertai materai bertandatangan peserta seleksi CPNS 2021.
  4. File scan Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang diunduh di web resmi SSCN yang digabung menjadi satu file, dengan disertai materai bertandatangan peserta seleksi CPNS 2021.
  5. File scan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang masih berlaku pada saat melamar
  6. File scan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter
  7. File scan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)
  8. Pas foto/ swafoto latar belakang merah dengan pakaian sopan dan rapi
  9. File scan surat lamaran CPNS yang ditujukan kepada instansi yang Anda lamar
  10. File scan bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja)
  11. Selain kesepuluh dokumen tersebut, pendaftar juga perlu mengunggah scan KTP berbentuk jpeg/jpg dan dokumen pendukung lainnya yang nanti akan diminta saat pendaftaran.
  • Ketahui Alur Seleksi yang akan Diikuti Pendaftar

Ada beberapa tahapan yang akan diikuti para pendaftar hingga dinyatakan lulus seleksi, di antaranya Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Ujian SKD akan terdiri dari tiga jenis tes, yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Sementara itu, SKB akan dilaksanakan pendaftar setelah lolos pada seleksi SKD.

Materi SKB dapat terdiri dari tes potensi akademik, tes praktek kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan lain sebagainya.

Materi tes seleksi SKB akan berbeda antara pendaftar satu sama lain sesuai yang disyaratkan oleh jabatan.

BACA JUGA : Musim Panen Tiba Pemerintah Malah Mau Impor 1 Juta Ton Beras, DPR: Kasihan Petani, Harga Gabah Turun Drastis

  • Berlatih Mengerjakan Soal Tes Secara Rutin

Pendaftar perlu mengerjakan soal latihan tes SKD dan SKB secara rutin guna bisa lulus seleksi CPNS 2021.

Penting pula untuk sering berlatih mengerjakan soal tes dalam tempo yang singkat, sesuai durasi tes SKD dan SKB sebenarnya.

Dengan begitu, peserta nantinya akan bisa menjawab soal tes SKD dan SKB CPNS 2021 tanpa khawatir waktu pengerjaan tidak cukup.

  • Pelajari Kisi-kisi Tes SKD dan SKB

Pada umumnya Kemenpan RB akan mengeluarkan kisi-kisi soal untuk tes SKD dan SKB yang nantinya akan diikuti para peserta seleksi CPNS 2021.

Untuk itu, para pendaftar perlu segera mempelajari kisi-kisi tes SKD dan SKB yang kemungkinan akan keluar saat seleksi CPNS 2021 berlangsung.

Dengan mengikuti sejumlah tips di atas, peluang lulus seleksi penerimaan CPNS 2021 akan menjadi lebih besar. (RO)

BACA JUGA : 6 Kiat Sukses Lulus Seleksi CPNS 2021

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait