Jalankan Program Dokmaru, Dokter Puskesmas Kunjungi Rumah Pasien

Jawa Barat —Rabu, 17 Mar 2021 18:29
    Bagikan:  
Jalankan Program Dokmaru,  Dokter Puskesmas Kunjungi Rumah Pasien
Tim dokter tengah mendiagnosa penyakit di rumah pasien. (Yan)

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Program unggulan Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, tentang Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) mulai berjalan di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Indramayu. Paramedis dan mobil ambulans tampak hilir mudik keluar masuk pelosok desa mendatangi rumah pasien yang butuh pertolongan darurat.

Puskesmas Lohbener salah satunya. Sehari menerima 2 laporan warga yang butuh pertolongan kesehatan. Dokter Puskesmas langsung datang ke rumah pasien. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, kedua pasien itu tidak perlu dirujuk ke rumah sakit.

BACA JUGA:  Dinsos PMD Harapkan Konflik Internal di Desa Pangandaran Selesai

Kepala Puskesmas Lohbener, Hj. Uswatun Hasanah, Rabu (17/03/2021), menjelaskan, laporan pertama atas nama Tn. M ke bagian informasi Puskesmas Lohbener. Memberitahukan istrinya, Ny. Y (56 tahun), di Blok Karang Malang, Desa Lohbener sedang sakit dan tidak memungkinkan dibawa berobat. Keluhannya  batuk, sesak nafas, dan lemas sudah berlangsung lebih dari 1 bulan.

Atas laporan tersebut, Puskesmas Lohbner mengirimkan tim. Terdiri dari dokter, perawat, dan lainnya. Berdasarkan pemeriksaan didapatkan keluhan berupa sesak nafas terutama saat beraktivitas sejak setengah bulan lalu.

BACA JUGA:  Malangnya Nasib Rahma, Selama Tujuh Tahun Hidup Dalam Pasungan karena Dianggap ODGJ

Pasien kedua dilaporkan warga saat sosialisasi di Posyandu di desa yang sama. Yakni Tn. M (76 tahun) mengalami batuk sesak sejak 1 minggu lalu. "Di kedua rumah pasien itu, kita lakukan pemeriksaan. Setelah itu, diedukasi keluarga tentang kondisi pasien saat ini. Pasien belum memerlukan perawatan rumah sakit. Dapat ditangani Puskesmas. Dijadwalkan untuk kunjungan rumah rutin," kata Uswatun.

Ia menegaskan, apabila ada warga yang membutuhkan pertolongan kesehatan bisa menghubungi ke Call Center 119 atau 081119119444 atau pun bisa langsung ke Puskesmas. (Yan)


Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait