Jerawat dan Bintik Hitam Hilang Hanya Karena Garam! Begini Caranya

Kesehatan —Selasa, 6 Apr 2021 10:53
    Bagikan:  
Jerawat dan Bintik Hitam Hilang Hanya Karena Garam! Begini Caranya
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Jerawat sering kali meninggalkan bekas berupa flek hitam. Bagaimana mengatasinya? Simak cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di sini. Jerawat sembuh lalu kempis bukan berarti masalah Anda selesai. Dalam beberapa kasus, tak jarang tertinggal flek hitam bekas jerawat di permukaan kulit.

Bercak kehitaman atau hiperpigmentasi pasca-inflamasi (HPI) memang sering terjadi pada kulit wajah yang baru sembuh dari jerawat. HPI adalah hipermelanosis reaktif akibat adanya peradangan. Kondisi ini bisa mengenai semua tipe kulit, tapi pemilik kulit berwarna lebih rentan, termasuk orang Asia, Afrika, dan Latin.

Flek hitam bekas jerawat sebenarnya akan membaik dengan seiring waktu dan tidak membutuhkan terapi khusus. Biasanya, noda tersebut akan hilang dalam 6-12 bulan jika tidak diobati. Pigmen yang berlebih dalam dapat hilang dan pudar dalam beberapa tahun.

BACA JUGA: 6 Zodiak Ini Terkenal dengan Ciuman yang Liar, Apakah kamu salah Satunya?

Jika Anda ingin mempercepatnya, berikut beberapa cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan hanya garam:

1. Gunakan garam campur air mawar.
Setengah sendok garam dapur halus dicampur dengan 1 sendok makan air mawar, lalu aduk hingga tercapur merata. Cara menggunakannya yaitu, Anda hanya cukup mengoleskan campuran garam dengan air mawar tersebut secara merata, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

2. Gunakan garam campur gula.
Caranya yaitu :Campurkan ½ sendok makan garam dan gula pasir, lalu tambahkan sedikit air dan gosok-gosokan pada kulit secara merata selama 10-15 menit. lalu bersihkan kulit dengan kapas basah hingga bersih.

3. Gunakan garam campur madu.
Selain dapat menghilangkan jerawat, komedo dan plek hitam, ternyata cara ini juga dapat sekaligus memutihkan dan melembabkan kulit wajah.Caranya yaitu :Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok makan garam, lalu gosokan pada bagian kulit wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit dan bersihkan dengan air dingin atau air es.

BACA JUGA: Anya Geraldine Bongkar Soal Hubungan Tanpa Status dengan Seorang Pria, Ini Dia Orangnya!

4. Gunakan garam campur lemon.
Caranya yaitu, campurkan setengah sendok makan garam dengan satu sendok air perasan lemon. Kemudian oleskan secara merata dan gosok secara perlahan pada bagian kulit yang bermasalah, lalu bersihkan dengan air hangat dan ulangi lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka.

5. Gunakan garam campur pasta gigi mint.
Oleskan sedikit pasta gigi mint pada kulit yang bermasalah. Pada saat pasta masih dalam keadaan basah, lakukan pemijatan secara perlahan pada area tersebut dengan menggunakan garam halus. Lakukan tehnik pemijatan dengan arah ke atas.

BACA JUGA: Jerawan dan Bintik Hitam Hilang Hanya Karena Garam! Begini Caranya

Editor: Reza
    Bagikan: