Tim SAR Gabungan Maksimalkan Pengerahan Alut, Pencarian 14 Korban ABK MV Barokah

Jawa Barat —Selasa, 6 Apr 2021 15:23
    Bagikan:  
Tim SAR Gabungan Maksimalkan Pengerahan Alut, Pencarian 14 Korban ABK MV Barokah
Tim Gabungan Basarnas melanjutkan pencarian 14 korban tenggelam ABK KM Barokah Jaya yang tabrakan den)gan MV Habco Pioneer. (Ist).

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian dengan mengerahkan 4 unit kapal, yaitu KN SAR Wisnu, KRI Cucut Koarmabar, KP Parkit, dan Kapal 1006 Polair Polda Jabar. Selain itu, juga penyelaman akan terus diupayakan pada hari keempat pencarian.

Pihak Tim SAR Gabungan akan memaksimalkan pencarian  di hari keempat pencarian terhadap 14 Korban ABK MV Barokah Jaya yang hilang di Perairan Indramayu, setelah bertabrakan dengan kapal MV Habco Pioneer.

Menurut Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah, di hari keempat ini pihaknya mengerahkan semua kekuatan yang ada, baik alut maupun personil. "Penyelam juga disiapkan, baik dari Basarnas Special Group, Polair, Lanal ataupun organisasi Hobi dan lainnya. Namun,pencarian akan fokus pada penyisiran sesuai dengan rencana operasi yang sudah di susun," ungkap Deden Ridwansyah kepada POSKOTAJABAR, Selasa (06/04/2021).

BACA JUGA: Jawa Barat Menjadi Daerah Terbanyak dengan Penambahan 910 Orang Positif Covid-19

Adapun rencana operasi dibagi 3 tim Sektor sesuai dengan SAR Map Prediction. Sektor 1 KN SAR Wisnu melakukan penyisiran dengan luas area pencarian 50.5 NM, Sektor 2 KRI Cucut melakukan penyisiran dengan luas area pencarian 52.3 NM, dan Sektor 3 yaitu KP Parkit dan Kapal 1006 Polair Polda Jabar melakukan penyisiran dengan luas area pencarian sejauh 8.46 NM.

Rencananya, jika korban ditemukan akan dievakuasi menggunakan KN SAR Wisnu ke Pelabuhan Eretan Wetan, untuk selanjutnya diintercept oleh Kapal Syahbandar dan RIB 01 Bandung ke Pelabuhan Eretan dan akan dibawa ke RSUD Bhayangkara Indramayu.

Adapun prediksi Cuaca BMKG pada hari ini yaitu diprediksi tinggi gelombang 1.5-2 Meter, kecepatan angin 10-25 Knot (Barat - Barat Laut), dan kecepatan Arus : 20- 45 Cm/detik. Cuaca ini, harus diwaspadai oleh TSAR Gabungan pada pencarian hari ini. Namun, tim optimis bisa melakukan penyisiran semaksimal mungkin dan berharap bisa menemukan seluruh POB.

BACA JUGA: BNPB Siapkan 3 Helikopter, Tembus 12 Desa dan 6 Kecamatan di NTT yang Terisolasi Akibat Banjir Bandang

"Prakiraan cuaca BMKG pada hari ini patut diwaspadai. Namun, begitu tidak menyurutkan semangat bagi tim untuk melakukan pencarian dan bisa menemukan korban. Kami juga berharap, POB yang ditemukan sedang dalam keadaan survive," ujararnya. (Kris)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait