Bahaya Begadang! Hati-Hati Tidur Lewat dari Jam 12 Malam Sebabkan 5 Penyakit Berikut

Kesehatan —Selasa, 6 Apr 2021 15:53
    Bagikan:  
Bahaya Begadang! Hati-Hati Tidur Lewat dari Jam 12 Malam Sebabkan 5 Penyakit Berikut
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Dampak negatif dari begadang adalah memberikan kelelahan bagi tubuh dan pikiran.

Efek lanjutanya adalah hal ini bisa mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah serta konsentrasi. Selain itu, begadang juga bisa mengurangi kemampuan memperhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan.

Apakah semalam Anda tidur di atas jam 12 malam? Jika rutin bergadang, maka anda bakal mengalami 5 penyakit seperti berikut:

BACA JUGA: Inilah Waktu yang Dilarang Untuk Tidur dalam Ajaran Islam

1. Sistem Imun Menurun
Faktanya, tidur di atas jam 12 malam menurunkan sistem imun, sehingga membuat seseorang berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

2. Insomnia
Tidur di atas jam 12 malam sangat pasti akan menderita insomnia. Jika dibiarkan, saat bangun kamu menjadi lemas karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

3. Obesitas
Hormon pengendali nafsu makan juga mengalami gangguan ketika Anda suka tidur di atas jam 12 malam. Sebab tidur terlambat meningkatkan keinginan untuk ngemil.

BACA JUGA: Tahan Lama! Ini 2 Resep Obat Kuat Berbahan Alami yang Mudah Dibuat

4. Kanker
Tidur enam jam atau kurang dalam semalam juga meningkatkan risiko kanker. Menurut penelitian dari Jepang, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh akan berkurang jika jadwal tidur dikurangi. Dan rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

5. Stroke
Orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam memiliki resiko stroke 4 kali lebih besar dari yang mendapat istirahat cukup. Sementara itu, durasi tidur yang disarankan adalah 7 hingga 8 jam di malam hari.

BACA JUGA: Bahaya Begadang! Hati-Hati Tidur Lewat dari Jam 12 Malam Sebabkan 5 Penyakit Berikut

Editor: Reza
    Bagikan: