4,6 Juta UMKM Jabar Butuh Kepastian Pasar, Hipmikindo Gandeng BJB

Jawa Barat —Selasa, 6 Apr 2021 17:18
    Bagikan:  
4,6 Juta UMKM Jabar Butuh Kepastian Pasar, Hipmikindo Gandeng BJB
Head Group Pesat Kredit UMKM BJB, Dodi Sandra Nugraha (kanan), Head Group Bisnis Divisi UMKM BJB, Doddy Irawadi (kiri) di sebuah hotel di Jl Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Selasa (06/04/2021). (Foto:

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Provinsi Jawa Barat dan Bank BJB siap memfasilitasi dan menjamin pasar bagi pelaku untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Head Group Bisnis Divisi UMKM BJB, Doddy Irawadi mengatakan, selama ini permasalahan yang banyak dihadapi pelaku UMKM adalah keberpihakan pasar. Harapannya, dengan adanya kerjasama dengan Hipmikindo, pasar bisa lebih berpihak kepada pelaku UMKM.

"Nah, kami bekerjasama dengan beberapa perusahaan agar pelaku UMKM ini bisa mendapatkan kepastian pasar," katanya usai Rakerda DPD Hipmikindo Jabar di Hotel Horison, Kota Bandung, Selasa (06/04/2021).

Untuk merealisasikan harapan tersebut, dia mengaku siap menjalin kerjasama dengan Hipmikindo Jabar untuk memfasilitasi pasar bagi pelaku UMKM. "Mungkin kedepannya kami bisa kolaborasi dengan Hipmikindo," tuturnya.

Doddy mengungkapkan bahwa karena bank memiliki keterbatasan dan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator. Namun, dalam pelaksanaannya dia berharap bisa bekerjasama dengan Hipmikindo untuk teknisnya.

"Tetapi yang pasti ada keterbatasan yang diatur dalam SOP. Karena memang telah diatur oleh OJK," ungkapnya.

"Kami dan Hipmikindo siap mendukung dan kami pun berharap dengan kolaborasi dan sinergi yang terjalin agar pelaku UMKM mendapatkan akses tidak hanya pembiayaan tetapi juga akses pemberdayaan dari BJB," tambahnya.

BACA JUGA: Telegram Polri Larang Media Menampilkan Aksi Arogansi dan Kekerasan Polisi


Akan Dikolaborasikan dengan Hipmikindo

Doddy menyampaikan, pihaknya telah beririsan dengan beberapa offtaker yang mungkin akan dikolaborasikan dengan Hipmikindo.

"Jadi kami sudah 2 tahun bekerjasama dengan perusahaan offtaker yang membentuk ekosistem dari hulu ke hilir," paparnya.

Head Group Bisnis Divisi UMKM BJB, Doddy Irawadi mengatakan langkah yang dilakukan Hipmikindo dalam membantu UMKM sangat diapresiasi. Harapannya, Hipmikindo bisa memberikan pembekalan terhadap pelaku kewirausahaan.

"BJB pun memiliki edukasi pemberdayaan, supaya bisa kolaborasi untuk kemajuan pelaku UMKM terutama yang tergabung di Hipmikindo," terangnya.

Sementara itu, Ketua Himakindo Jabar Ayda Gurning menyatakan, pihaknya akan mengupayakan untuk menjalin kerjasama dengan Bank BJB untuk membantu para pengusaha UMKM.

"Mudah-mudahan kita kedepannya bisa berupaya untuk bekerjasama dengan BJB, Terus terang saja walaupun UMKM di Jawa Barat ini perkembangannya sungguh luar biasa sampai 4,6 juta," pungkasnya (Aris)

BACA JUGA: Kuota Formasi di Sekolah Kedinasan Kemenkumham 2021, Cek Jadwal Pendaftarannya


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait