Satu Lagi Korban Ditemukan, Tim SAR Gabungan Fokus Pencarian 13 ABK Barokah Jaya yang Hilang

Jawa Barat —Rabu, 7 Apr 2021 11:57
    Bagikan:  
Satu Lagi Korban Ditemukan, Tim SAR Gabungan Fokus Pencarian 13 ABK Barokah Jaya  yang Hilang
Kepala Kantor Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah. (foto:Ist.)


POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Seorang lagi ABK Barokah Jaya yang hilang, pada Selasa (6/4/2021) sekitar pukul 18.00 WIB  berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan. Kondisi korban saat ditemukan  sudah meninggal dunia. 

Menurut Kepala Kantor Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah di Posko Operasi SAR Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Rabu (07/04/2021),  jenazah korban  yang ditemukan Tim SAR dibawa ke Posko Operasi SAR melalui Pelabuhan Eretan dan tiba pada pukul 23.00 WIB.

Sebelumnya, ungkap Deden Riswansyah, pada pukul 17.45 WIB, KN SAR Wisnu juga telah mengevakuasi seorang ABK KM Barokah Jaya meninggal dunia dan ditemukan di dekat MV Habco Pioneer.

Kepala Basarnas Bandung mengemukakan, dengan ditemukannya 4 ABK  sampai Selasa (06/04/2021) petang maka ada 13 ABK KM Barokah Jaya  yang masih dalam pencarian Tim SAR.  

Pada hari Rabu (07/04//2021) upaya pencarian korban dilakukan dengan mengerahkan seluruh kekuatan, termasuk pada  penyelam  TNI AL, Polair dan dari organisasi penyelam Basarnas Special Group  tetap  fokus pada pencarian korban. 

Karena pada hari kedua dan ketiga TIM SAR melakukan penyelaman ke dalam  KM Barokah Jaya. Akan tetapi  sudah tidak ada lagi korban  yang bisa ditemukan di dalam kapal. “Analisa kami para korban ini sudah bisa meloloskan diri dari dalam kapal. Keberadaan mereka mungkin ada yang masih hidup dan terapung-apung di laut. Oleh karena itu  dilakukan penyisiran,” ujarnya.

 BACA JUGA: Kandang Ayam Terbakar, Alhmad Nasir Alami Kerugian Rp 10 Juta


Cuaca Kurang Bersahabat

Ditanya mengenai kendala yang terjadi, ujar Deden Ridwansyah, Alhamdulillah soal komunikasi clear. Hanya saja ujarnya,  cuaca agak kurang bersahabat. Kecepatan angin meningkat. Gelombang meningkat dari 1,5 meter menjadi 2,5 meter.  Tim SAR pada hari Rabu (7/4/2021) mengerahkan 6 kapal ditambah 2 kapal nelayan.

 Menyinggung penyebab terjadinya tabrakan KM Barokah Jaya dengan NV Habco Pioneer ujar Deden Ridwansyah, masih dilakukan  penggalian-penggalian  informasi. “Selesai pencarian seluruh korban ditemukan, langkah-langkah investigasi penyebab terjadinya kecelakaan akan digali dan bisa diungkap. Sehingga nantinya tidak menimbulkan pertanyaan-pertanyaan lagi di masyarakat,” ujarnya. 

 KM Barokah Jaya terbalik usai bertabrakan dengan NV Habco Pioneer. Saat kejadian  KM Barokah Jaya membawa 32 ABK. Sebanyak 15 ABK berhasil diselamatkan  ke atas NV Habco Pioneer. Sedangkan 17 lainnya hilang. Dari 17 ABK yang hilang 4 ABK ditemukan meninggal sisanya 13 ABK masih dalam pencarian.

 Setelah dilakukan pencarian TIM SAR Gabungan, hingga Selasa(6/4/2021) berhasil ditemukan 4 ABK dalam keadaan meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah ABK KM Barokah Jaya yang masih dalam pencarian TIM SAR Gabungan sebanyak 13 orang lagi.

 “Mudah-mudahan pencarian hari Rabu (7/3/2021) ini ditemukan lagi ABK yang hilang,” ujar Deden Ridwansyah. (Yan) 

BACA JUGA: Soal KUR, DPRD Jabar Kritik Perbankan Jangan Basa-basi Membantu UMKM




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait