Razia Sel Tahanan di Rutan Salemba, Puluhan Telepon Genggam dan Sex Toys Disita

Kriminal —Rabu, 7 Apr 2021 15:25
    Bagikan:  
Razia Sel Tahanan di Rutan Salemba, Puluhan Telepon Genggam dan Sex Toys Disita
Sejumlah barang temuan hasil razia di Lapas Kelas II Salemba dan Rutan Kelas I Salemba Jakarta Pusat, Selasa, (6/4/2021). (cr05)

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A dan Rumah Tahanan Kelas I Selemba, Jakarta Pusat, kembali melakukan razia kepada warga binaan, Selasa (6/4/2021).

Hasilnya, puluhan telfon genggam dan benda tajam disita dari tangan warga binaan dari Lapas dan Rutan Salemba, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Adapun kegiatan razia ini, dikatakan Kepala Divisi ,(Kadiv) Pemasyarakatan Kemenkumham DKI jakarta Marselina Budiningsih dilakukan dalam rangka hari bhakti pemasayarakat ke-57.

"Kami lakukan serentak di seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia," kata Marselina usai pelaksanaan razia di Lapas Salemba Kelas II, Selasa (6/4/2021) malam.

BACA JUGA: Pasca Ratusan Juta Data Pengguna Diduga Bocor, Ini Tanggapan Pihak Facebook

Marselina menjelaskan, adapun rincian benda yang berhasil dirazia diantaranya  33 telepon seluler, lampu LED, satu buah botol kaca, gunting kuku, bahkan juga terdapat sex toys atau alat bantu seks.

Tidak hanya disitu, dalam razia tersebut petugas juga menemukan satu buah buku yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menyelipkan telfon genggam di dalamnya.

"Kita sebenarnya sudah melakukan pengamanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) . Tapi mungkin barang ini merupakan peninggalan dari napi napi sebelumnya," ungkap Marselina.

Kedepan ia pun mengaku akan terus melakukan razia seperti ini guna mencegah masuknya benda benda yang tidak diizinkan oleh pengelola Lapas maupun Rutan Salemba.

BACA JUGA: Komisi I DPRD Jabar 8 April 2021 akan Tinjau Calon Ibukota Kabupaten Inbar

"Ini kerjasama terbaik kami dengan semua elemen. Kami selanjutnya akan melaksanakan kegiatan lanjutan agar tidak menoton, bisa seperti test urine dan penguatan," jelasnya.

Tak hanya Kadiv, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Salemba Kelas II A Yosafat Rizanto juga mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan di Blok A dan secara berkala di blok lainnya.

"Kami akan intensifkan menjelang bulan suci ramadhan. Setiap bulan bakal ada tiga kali razia kepada warga binaan," jelasnya.

Sementara itu, ditempat berbeda Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas 1 Salemba  Yohanis  Varianto menyebut pihaknya memfokuskan  narkoba sebagai target razia.

BACA JUGA: Pemkot Bandung Memperbolehkan Masyarakat Salat Tarawih di Masjid

Maka dari itu, dalam razia tersebut juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Polsek Cempaka Putih.

"Namun syukurnya dalam razia kali ini tidak ditemukan narkoba. Kedepan mudah mudahan sudah tidak ada (narkoba) tapi akan selalu kita razia. Kalaupun ada nantinya kita akan teruskan ke pihak berwajib," imbuhnya. (cr05)

BACA JUGA: Razia Sel Tahanan di Rutan Salemba, Puluhan Telepon Genggam dan Sex Toys Disita

Editor: Reza
    Bagikan: