Tidak Pakai Lama, Melalui Program Dokmaru Pasien Dilayani Dokter dengan Cepat

Jawa Barat —Rabu, 7 Apr 2021 15:45
    Bagikan:  
Tidak Pakai Lama, Melalui Program Dokmaru Pasien Dilayani Dokter dengan Cepat
Mobil ambulan mengangkut Tim Dokmaru menuju ke rumah pasien melalui jalan becek. (Foto: Yan)

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Tidak pakai lama lagi, melalui Program Dokmaru yang dilaunching Bupati Indramayu Nina Agustina, Tim Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) Puskesmas Pondoh, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu, Jabar langsung bergerak cepat menangani pasien yang tengah terbaring lemah di rumahnya.

Tim Dokmaru Puskesmas Pondoh setelah menerima pesan dari PSC 119, yang merupakan sambungan langsung atau  hotline Dokmaru langsung bergerak. Hanya dalam, waktu 30 menit, Tim Dokmaru Puskesmas Pondoh sudah tiba di rumah pasien.

Tim Dokmaru Puskesmas Pondoh mendapat kabar, seorang pasien Ny. Apipah (36) alamat Blok I, RT.001/RW.006 Desa Tinumpuk tengah sakit dan memerlukan pertolongan medis. Gejalanya, pasien mengalami kesulitan berbicara dan seluruh tubuhnya terasa lemas sehingga sulit digerakan. Bahkan pasien mempunyai riwayat penyakit jantung setahun lalu.

BACA JUGA: Supardi Nasir dan Zola Sudah Bergabung Latihan dengan Tim Persib Bandung


Laporan Masyarakat Ditanggapi Cepat

Menerima laporan tersebut, Tim Dokmaru Puskesmas Pondoh terdiri dari Camat Juntinyuat Muhammad Nurulhuda, Kepala Puskesmas Tarno, dokter, perawat, tata usaha, driver, dan juga kuwu setempat langsung menuju kediaman pasien.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, pasien dirujuk ke IGD RSUD Indramayu untuk mendapatkan perawatan. Namun mengingat kondisi IGD RSUD penuh, pasien dirawat di RS MM," kata Tarno Kepala Puskesmas Pondoh.

Camat Juntinyuat, Muhammad Nurulhuda mengatakan, Tim Dokmaru di wilayahnya berkomitmen menanggapi dengan cepat setiap adanya laporan masyarakat yang tengah membutuhkan pelayanan kesehatan, sehingga pasien tidak terlalu lama menunggu.

"Pasien ini kebetulan memiliki Kartu Indonesia Sehat. Jadi pelayanannya pun bisa lebih cepat. Karena tidak perlu ada pengurusan dokumen dari awal," katanya. (Yan)

BACA JUGA: Komisi I DPRD Jabar 8 April 2021 akan Tinjau Calon Ibukota Kabupaten Inbar


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait