Tahukah Kamu Ciuman dapat Membakar Kalori dan Bantu Turunkan Berat Badan

Kesehatan —Rabu, 7 Apr 2021 16:10
    Bagikan:  
Tahukah Kamu Ciuman dapat Membakar Kalori dan Bantu Turunkan Berat Badan
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Bagi pasangan, ciuman merupakan salah satu aktivitas yang dapat menambah keintiman dalam hubungan sekaligus membantu menjaga api cinta tetap menyala. Menariknya, ciuman tak cuma baik untuk hubungan Anda dan pasangan, tapi juga memberi dampak positif untuk kesehatan.

Ciuman membakar kalori, namun tidak efektif jika tujuan Anda melakukannya adalah untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, Anda bisa mengombinasikannya dengan aktivitas seksual lain untuk membakar lebih banyak kalori.

Salah satu klaim manfaat ciuman yang sering didengar adalah membantu menurunkan berat badan. Manfaat tersebut diperoleh karena ciuman membakar kalori Anda dan pasangan saat dilakukan. Benarkah demikian?

BACA JUGA: Waspada! 6 Bahaya Main HP Sebelum Tidur yang Perlu Anda Ketahui

Ciuman membakar kalori dan bantu turunkan berat badan, benarkah?

Ciuman memang dapat membantu menurunkan berat badan, namun efeknya tidak seperti ketika Anda berolahraga. Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2013, ciuman membakar kalori sebanyak 2 hingga 3 kalori per menit.

Angka tersebut tentunya cukup jauh jika dibandingkan dengan berlari di treadmill yang dapat membakar 11,2 kalori setiap menitnya. Namun, jumlah kalori yang terbakar diperkirakan bisa bertambah hingga 26 kalori per menit apabila Anda dan pasangan melakukan ciuman dengan penuh gairah.

Ciuman membakar kalori karena tubuh kekurangan oksigen ketika Anda dan pasangan saling memainkan bibir satu sama lain. Selain itu, ciuman juga membuat otot di sekujur tubuh seperti panggul, perut, dan punggung bekerja. Namun, semua bergantung pada posisi apa yang Anda pilih selama berciuman.

Kombinasikan ciuman dengan aktivitas seksual lain untuk bakar lebih banyak kalori

Ciuman membakar kalori lebih banyak jika Anda dan pasangan mengombinasikannya dengan aktivitas seksual lain. Beberapa aktivitas seksual yang dapat dilakukan untuk membakar lebih banyak kalori saat ciuman, di antaranya:

BACA JUGA: Cara Bersosialisasi dengan Orang Lain dengan Meningkatkan Kecerdasan Emosional

1. Bercumbu
Mencumbu pasangan dengan ciuman di sekujur tubuhnya membuat Anda membakar lebih banyak kalori. Aktivitas ini diketahui membakar 150 setiap 30 menit atau 5 kalori per menitnya.

2. Menelusuri tubuh pasangan dengan tangan
Ketika berciuman, mainkan tangan Anda pada tubuh pasangan untuk membakar lebih banyak kalori. Ciuman dengan permainan tangan dapat membakar hingga 5 kalori tiap menitnya.

3. Berdansa
Banyak pasangan yang senang melakukan ciuman sambil melakukan dansa romantis. Tak hanya membuat suasana semakin bergairah, menambahkan dansa ketika ciuman membakar 6 kalori lebih banyak setiap menitnya.

4. Seks oral
Melanjutkan ciuman ke tubuh bagian bawah dan dilanjutkan dengan seks oral dapat membantu membakar kalori lebih banyak. Seks oral membakar 3 hingga 4 kalori tiap menit.

5. Berhubungan seks
Pada pria, berciuman sambil berhubungan seks dapat membakar hingga 100 kalori dalam 25 menit. Sementara itu, wanita membakar sampai 65 kalori saat berciuman sambil bercinta dengan pasangan.
Perlu diingat, jumlah kalori yang terbakar saat ciuman bisa berbeda pada masing-masing orang. Beberapa faktor yang memengaruhi antara lain usia, berat badan, jenis kelamin, dan intensitas aktivitas Anda dengan pasangan.

BACA JUGA: Biji Mangga Ternyata Bisa Dimakan, Simak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat ciuman untuk kesehatan selain membakar kalori
Selain membakar kalori, banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari ciuman. Manfaat yang diberikan bisa berdampak positif secara fisik maupun psikologis. Sejumlah manfaat ciuman, di antaranya:

  • Meningkatkan gairah seksual dengan pasangan
  • Mengurangi nyeri akibat kram dengan memperlancar aliran darah
  • Mengurangi tekanan darah dengan memperlebar pembuluh darah
  • Membuat hubungan dengan pasangan menjadi lebih intim dan terikat
  • Mengurangi kadar kortisol, hormon yang menyebabkan stres, dalam tubuh
  • Mengurangi kecemasan dengan memberikan rasa tenang dan efek relaksasi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari kuman yang ada pada mulut pasangan
  • Meredakan sakit kepala dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah
  • Melepaskan hormon yang membuat Anda lebih bahagia, seperti oksitosin dopamin, dan serotonin
  • Membentuk otot wajah, meningkatkan produksi kolagen, dan membuat kulit terlihat lebih awet muda
  • Mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke dengan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang
  • Mencegah gigi berlubang dengan meningkatkan produksi air liur, yang membantu melumasi dan menjaga agar sisa makanan tidak menempel pada gigi

BACA JUGA: Tahukah Kamu Ciuman dapat Membakar Kalori dan Bantu Turunkan Berat Badan


Editor: Reza
    Bagikan: