Disnaker Kota Sukabumi Harapkan Perusahaan Bayar THR Satu Kali Gaji

Jawa Barat —Kamis, 8 Apr 2021 12:46
    Bagikan:  
Disnaker Kota Sukabumi Harapkan Perusahaan Bayar THR Satu Kali Gaji
Ilustrasi gambar uang THR (foto:ist)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI.
Kepastian pencairan Tunjangan Hari Haraya (THR) 2021 di Kota Sukabumi hingga saat ini  belum dapat dipastikan akan dibayar perusahaan secara penuh atau dicicil. Pasalnya, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat pun masih menunggu aturan dari Pemerintah Pusat.

"Terkait THR, kita masih menunggu SE dari Kementrian dulu," ujar Kepala Disnaker Kota Sukabumi, Didin Syaripudin, saat ditemui di Kantornya, Kamis (08/04/2021).

Biasanya, sambung Didin, pembayaran THR kepada karyawan akan diberikan dua pekan sebelum hari raya, akan tetapi untuk tahun ini pihaknya belum dapat memastikan terkait aturan tersebut.

"Hingga saat ini belum ada SE terkait THR, mungkin masih dalam pembahasan di pusat," katanya.

Pada tahun lalu, lanjut Didin, pembayaran THR di Kota Sukabumi berjalan lancar. Meski dalam masa pandemi Covid-19, hampir semua perusahaan dapat membayar THR untuk karyawannya. Bahkan, karyawan yang dirumahkan pun kebagian gaji dan jatah THR nya.

"Tahun kemarin pembayaran THR sama dengan satu kali gaji,  untuk perhotelan ada uang tips dan perusahaan bidang lainnya disesuaikan,"terang dia.

BACA JUGA: Terima Laporan Pelayanan Buruk, Bupati Nina Sidak RSUD Indramayu


Belum Pulih Sepenuhnya


Namun, sambung Didin, untuk THR di tahun 2021 ini pihak kementerian masih melakukan pengkajian terkait kebijakan THR tersebut. Pasalnya, masih banyak perusahaan yang kondisi ekonominya belum pulih sepenuhnya.

"Tahun ini kita belum bisa memastikan. Walaupun kondisi perusahaan  sudah mulai membaik, tapi belum sepenuhnya," ucap dia.

Kendati demikian, tambah Didin, Disnaker Kota Sukabumi berharap agat setiap perusahaan yang ada di wilayanya dapat memberikan THR sesuai dengan satu kali gani dan dua minggu sebelum hari raya.

"Kelihatannya perusahaan yang ada di Kota Sukabumi sudah membaik. Jadi harapan kami mereka dapat memberikan THR untuk karyawannya," pungkasnya. (Hendra)

BACA JUGA: KPK Kembangkan Kasus Aa Umbara, Geledah Dua Dinas Kabupaten Bandung Barat

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait