Inilah !17 Titik Rawan Banjir di Kota Sukabumi yang Perlu Diwaspadai

Jawa Barat —Jumat, 16 Oct 2020 16:15
    Bagikan:  
Inilah !17 Titik Rawan Banjir di Kota Sukabumi yang Perlu Diwaspadai
masyarat yang berada di sekitaran alairan sungai di Kota Sukabumi tengah membersihkan sampah yang menyumbat irigasi. (foto:hendra)
SUKABUMI, POSKOTAJABAR

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi telah  memetakan 17 titik rawan banjir saat memasuki musim hujan.

Kepala BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani menjelaskan, ada sebanyak 29 sungai yang melintasi wilayah Kota Sukabumi, 23 sungai kecil diantaranya bermuara di lima anak sungai.

"Dari 29 sungai tersebut ada beberapa sungai yang perlu diwaspadai saat terjadinya hujan. Diantaranya, Sungai Cipelang, Cipanengah, Cisirah, Tonjong dan Cengger," kata dia saat diwawancarai wartawan di kantornya, Jum'at (16/10/2020).

Imran melanjutkan, dari aliran sungai yang perlu diwaspadai itu terdapat sebanyak 17 titik rawan banjir yang tersebar di 16 kelurahan berbeda.

"Katagori resiko rawannya  mulai dari rendah, sedang, hingga tinggi," ucapnya

Imran mengungkapkan, kelurahan yang memiliki resiko tinggi terkena banjir yakni, Kelurahan Subangjaya, Selabatu, Benteng, Sukakarnya, Sriwidari, Lembursitu, Cibereum dan Limustunggal.

"Daerah yang termasuk dalam wilayah terjadinya banjir tersebut merupakan permukinan yang dekat dengan aliran sungai,"bebernya.

Imran menambahkan, faktor penyebab banjir tidak hanya disebabkan oleh kindisi alam  tapi dipengaruhi juga oleh prilaku manusia.

"Sejauh ini kesadaran masyrakat  dalam menjaga lingkungannya sendiri masih minim. Sehingga, perlu ditingkatkan agar tidak terjadi banjir"pungkasnya. (Hendra)



 


 



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait