8 Hal Ini Jangan Katakan Pada Orang yang Depresi

Pendidikan —Senin, 26 Oct 2020 07:35
    Bagikan:  
8 Hal Ini Jangan Katakan Pada Orang yang Depresi
Dengarkan lah mereka seperti kamu berada di pihaknya. - sumber foto fimela

Depresi adalah gangguan mental yang serius dan tidak boleh disepelekan. Mungkin kamu masih mengira depresi itu tidak berbeda dengan perasaan sedih. 

 depresi akan merasa sangat down dan lesu, tapi berbeda dari rasa sedih biasanya, depresi berlangsung selama dua minggu atau lebih, dan penderitanya akan merasa putus asa dan worthless.

Ada hal-hal yang sebaiknya kita tidak boleh katakan kepada orang depresi jika kebetulan kamu menjumpai teman mu atau orang terdekat mu , apalagi jika ia sudah mencurahkan segala perasaannya agar kamu mengerti dan memahami nya meskipun kamu tidak bisa membantunya untuk menyelesaikan keresahan yang ia rasakan . 


1. Jangan pernah berkata,"Yang hidupnya lebih berat lebih banyak kali." 

Sebagai manusia kita harus tahu bahwa kapasitas mental tiap orang berbeda. Itu seperti mengubur tapi percayalah bahwa kamu bagaikan menyepelekan masalah yang ia hadapi yang bisa saja itu masalah yang teramat berat untuknya. 

2. Jangan katakan," Apa sih yang kamu sedihin? Hidup kamu sempurna. Banyak yang mau di posisimu."

Depresi bisa menyerang siapa saja. Bahkan dia adalah seorang penyayang dan keluarga yang harmonis , hingga orang yang kaya raya dan memiliki harta melimpah. 


3. Jangan katakan," Lupakan saja sedihnya."

Kalau memang semudah itu. Dia tidak akan menceritakan keluh kesah kapadamu. Melupakan sesuatu yang berat baginya tidak lah semudah angin lewat.  


4. Jangan katakan,"Mungkin kamu kurang beribadah " 


Dia sudah mengupayakan untuk beribadah. Akan tetapi, masih ada yang jugdemental bahwa dia kurang beribadah. Itu akan membuat mentalnya lebih buruk dari sebelumnya karena urusan beribadah kamu tidak tahu melainkan dirinya sendiri dengan Tuhan .


5. Jangan katakan,"Bahagia itu pilihan."


Kenyataan tidak. Tidak ada orang yang ingin sedih. Semua orang menginginkan kebahagiaan.

Jika kita ingin memilih bahagia terus itu adalah hal yang paling mustahil.  

6. Jangan katakan , " ayo dong berhenti mengeluh "

Kamu tidak tahu perasaan temanmu seperti apa, jadi jangan berasumsi kalau ia mengeluh hanya untuk mencari perhatian atau karena dia manja. Kata-kata ini dapat membuat temanmu merasa bahwa depresinya hanyalah masalah sepele.

7. Jangan katakan " kamu kurang bersyukur "

Dan lebih sering bersyukur juga tidak akan menyembuhkan depresinya. Depresi adalah gangguan mental yang serius, dan kalimat ini hanya akan membuat temanmu merasa guilty.

8. Jangan katakan " ini cuma perasaanmu saja "

ini adalah salah satu kalimat yang menyepelekan kondisi orang depresi. Walaupun mungkin perasaan temanmu terkesan irasional, itulah yang sedang ia rasakan, dan tidak baik jika kamu membuatnya merasa kalau perasaannya itu tidak benar. 


Banyak orang ketika mencurahkan isi hatinya hanya ingin mendapatkan kepuasan dan meluapkan uneg uneg serta emosi dalam dirinya, sebagian besar dari mereka bahkan tidak mau mendengarkan apapun yang kita ucapkan , cukup dengarkan keluh kesahnya dan berilah saran yang membangun ketika mereka meminta saran. Yang terpenting jangan menghakimi . 





Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait