Di Masa Pandemi Covid-19, Warga Indramayu Makin Gemar Bersepeda

Gaya Hidup —Jumat, 18 Sep 2020 16:21
    Bagikan:  
Di Masa Pandemi Covid-19, Warga Indramayu Makin Gemar Bersepeda
Warga Indramyu Makin Gemar Bersepada di Masa Pandemi Covid-19. (Foto:Yan)

INDRAMAYU,  POSKOTA JABAR -  

Olahraga bersepeda semakin digemari masyarakat Kabupaten Indramayu pada masa Pendemi Covid-19. Makanya nyaris setiap hari, terutama pagi dan sore,  jalan-jalan protokol di Kota Mangga ini banyak berseliweran pesepeda.

 Terlebih setiap hari Jum’at, seluruh Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) di Kabupaten Indramayu ini aktif berolahraga bersepeda. Pada pagi hari, sebelum mereka memulai aktifitas kerja di kantor, para Aparatur Sipil Negara (ASN) terlihat sudah berkumpul bersama rekan-rekan sejawat untuk bersepeda keliling kota.

 

“Hari Jum’at ini kita seperti biasa,  rutenya mengitari seputar Indramayu  Kota. Start di halaman Pemda Kabupaten Indramayu menuju Jalan R.A Kartini – Jalan Ahmad Yani – Jalan Suprapto – Jalan Kembar – Jalan Gatot Subroto – Jalan Sudirman terus kembali lagi ke Jalan R.A Kartini sebelum finish di halaman Sekretariat Daerah atau Kantor Pemda Indramayu,” ujar Ny. Eli, (54), seorang ASN Kabupaten Indramayu.

Olahraga bersepeda bagi ASN wajib dilakukan pada hari Jum’at,  sebelum memulai aktifitas rutin di kantor. Oleh karena itu para  ASN pada hari Jum’at  banyak yang berangkat ke kantor naik sepeda untuk kemudian bersama-sama rekan kerja melaksanakan olahraga bersepeda sebagaimana diinstruksikan Plt. Bupati Indramayu, Taufik Hidayat.

Tak hanya para ASN, masyarakat pun semakin menggandrungi olahraga bersepeda. “Ya kita harus menjaga kebugaran. Olahraga bersepeda ini kan salah satu manfaatnya untuk  memelihara perut agar tidak buncit. Maklum  pensiunan lebih banyak diam di rumah, sehingga  kurang gerak. Kalau tidak berolahraga perut jadi buncit,” ujar Ansor,( 62) salah seorang pensiunan ASN di Indramayu.

 Dikatakan, olahraga bersepeda harus terus digalakkan karena terbukti menyehatkan. “Kalau seumpamanya  bepergian  hanya berjarak dekat, kurang dari 5 Km, ia menyarankan  sebaiknya menggunakan sepeda saja, karena naik sepeda itu sehat. Pokoknya  sedikit-sedikit jangan naik kendaraan,” ujarnya.

 Kondisi jalan di Kabupaten Indramayu yang umumnya datar tanpa naik turun karena tak ada bukit atau gunung membikin senang para pesepeda berselancar di jalan-jalan. Semakin bagsnya kondisi jalan di Kota Indramayu juga makin merangsang warga menekuni hobi naik sepeda.

 

Terlebih di Jalan Gatot Subroto saat ini sudah tersedia jalur khusus sepeda atau track bersepeda sehingga para pesepeda diberikan ruang khusus menggowes dengan aman dan nyaman lantaran tidak bercampr dengan lalu-lintas kendaraan bermotor. (Yan)

 

2 Lampiran

 

 

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait