8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Cocok untuk Sarapan

Makanan —Kamis, 5 Nov 2020 08:19
    Bagikan:  
8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Cocok untuk Sarapan
Rekomendasi makanan khas sunda yang cocok untuk Sarapan. Sumber foto Resep koi

POSKOTA JABAR - Sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Menurut para ahli, waktu yang paling baik untuk sarapan antara 06.00 pagi sampai dengan 11.00 pagi.


Bagi Anda yang sekarang tinggal atau sekedar liburan di Jawa Barat alias tanah Sunda, tidak ada salahnya mencoba salah satu makanan khas Sunda yang cocok untuk sarapan. Makanan khas Sunda yang lezat dan nikmat ini sangat beragam olahannya mulai dari nasi timbel, nasi liwet, soto ayam dan lain sebagainya.


Berikut ini rekomendasi makanan khas sunda yang cocok untuk sarapan :


1. Kupat Tahu


Kupat Tahu adalah makanan khas sunda yang hanya bisa Anda temukan di pagi hari. Menu sarapan ini terdiri dari ketupat atau lontong dan tahu goreng yang disiram dengan kuah kacang. Ada dua varian rasa kupat tahu, yang bercita rasa pedas dan manis. Selain dengan kuah kacang terkadang kupat tahu disajikan dengan kuah santan yang gurih.


2. Surabi


Surabi terbuat dari tepung beras yang dibakar dalam tunggu khusus yang terbuat dari tanah liat. Cita rasa dan tekstur surabi sangat cocok untuk sarapan. Awalnya surabi hanya disajikan dengan camburan lelehan gula merah dan santan. Namun, seiring perkembangan zaman topping surabi menjadi sangat beragam, mulai dari coklat, keju, selai buah hingga telur.


3. Nasi Liwet


Nasi liwet khas sunda memang sudah terkenal sejak lama. Meski berbeda dengan liwet Solo yang menggunakan santan, nasi liwet khas sunda tetap terasa nikmat dengan penggunaan berbagai rempah-rempah. Biasanya rempah untuk nasi liwet terdiri dari serai, cabe, bawang putih, kemangi, penyedap rasa dan daun salam. Biasanya orang sunda menyantap Liwet dengan asin, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa dengan ayam, tempe, tahu dan lauk lainnya.


4. Soto Bandung


Siapa yang tidak kenal dengan soto? Ya, soto ada di berbagai daerah di Indonesia. Tidak terkecuali olahan Soto khas Bandung ini. Soto Bandung terbuat dari irisan daging sapi. Biasanya Soto Bandung disajikan dengan irisan lobak, kacang kedelai, bawang goreng dan seledri.


5. Nasi Timbel


Sajian yang sudah sangat terkenal ini pada awalnya di sajikan untuk para petani ketika sedang mengolah lahan sawah. Nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Tekstur nasi timbel pulen dan memiliki aroma yang harum. Nasi ini biasanya disajikan bersama ayam goreng, pepes ikan, ikan asin, sambal, kerupuk dan lain sebagainya.


6. Nasi Tutung Oncom
Nasi tutung oncom disajikan dengan tumbukan oncom bakar. Seperti namanya, 'tutung' dalam bahasa sunda artinya hangus. Nasi tutung oncom ini sangat cocok disantap sebagai menu sarapan bersama ayam goreng atau ayam bakar, tempe goreng, tahu goreng sambal dan lalapan. Sebagai informasi, Nasi tutung Oncom adalah nasi khas Tasikmalaya, namun seiiring perkembangan makanan ini sudah terkenal menjadi makanan khas sunda yang dikenal di berbagai daerah.


7. Mie Kocok
Berbeda dengan Soto Bandung, Mie Kocok menggunakan irisan kikil yang lembut dan kenyal. Menu Sarapan khas sunda ini sangat cocok disantap ketika dingin atau turun hujan. Mie kocok adalah sajian mie kuning yang kenyal berpadu dengan kaldu sapi yang kental.


8. Bakakak Hayam
Bakakak Hayam adalah sajian khas sunda dengan satu ekor ayam utuh. Kemudian ayam di panggang dengan bahan-bahan khsusus. Cita rasa ayam ini akan terasa lebih nikmat dengan sambal dan nasi hangat. Makanan khas sunda ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman.


Itulah tadi rekomendasi makanan khas yang cocok untuk sarapan. Perlu diketahui sarapan ibarat amunisi dan bahan bakar sebelum memulai hari Anda. Untuk itu, bagi anda mengonsumsi karbohidrat yang memiliki fungsi utama sebagai energi dan makanan untuk otak.
Jangan lupa sertakan protein sebagai zat pembangun daya tahan tubuh dan memberikan rasa kenyang hingga waktu makan selanjutnya.

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait