Tanaman Pohon Ketepeng Cina Bermanfaat Obati Penyakit Kulit

Kesehatan —Senin, 9 Nov 2020 09:11
    Bagikan:  
Tanaman   Pohon Ketepeng Cina Bermanfaat Obati Penyakit Kulit
Daun Ketepeng Cina atau sering disebut daun Kimanila sangat berkhasiat untuk kulit. (foto:kris)


TASIKMALAYA , POSKOTAJABAR

Beberapa pohon untuk obat-obatan kini banyak dicari oleh orang dan warga masyarakat yang sangat membutuhkan,  selain mujarab pohon obat tradisional itu semakin punah,  sehingga kita kadang sulit untuk mendapatkannya.
"Kini keberadaan pohon Ketepeng Cina sering disebut pohon Kimanila sering ditemui di semak-semak dan cukup menarik perhatian. Pasalnya, tanaman tersebut dikenal banyak manfaatnya.

Salah satu pengayuh becak yang sering mangkal, Ikin Solihin(56) Warga Cibalong Kecamatan cCbalong  mengatakan, tanaman yang berada di semak-semak dan tepi jalan itu tumbuh sendiri dan siapa aja boleh mengambilnya, karena tumbuhan tersebut banyak manfaatnya," ujarnya, Senin (09/11/2020)

"Secara morfologi Ketepeng Cina atau daun Kimanila merupakan tanaman kecil dengan tinggi sekitar 3-6 m dan memiliki percabangan horisontal, daunnya majemuk menyirip, dan anak daunnya berpasangan 8 hingga 12 pasang, bagian rantingnya berwarna merah kecoklatan, dan bila sudah tua terlihat mahkota berbunga berwarna kuning terang sampai kuning ke emasan," jelasnya

“Memang sepintas biasa saja, tapi siapa sangka tanaman tersebut banyak manfaatnya, apalagi kalau yang tahu pasti diburu. Maka dari itu sayai  biarkan supaya tumbuh dan bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat yang lewat,”jelasnya

Selain itu, dia menyampaikan cara penggunaannya, ambil daun Ketepeng Cina atau daun Kimanila sebanyak dua tangkai lalu di tumbuk hingga halus hingga mengeluarkan cairan dari daun tersebut, dan tambahkan kapur sirih lalu digosokkan pada kulit yang sakit yang di akibatkan oleh jamur, karena pohon tersebut berkhasiat untuk mengobati segala macam sakit kulit, seperti kadas, panu, kurap dan gatal-gatal," pungkasnya. (Kris)
Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait