Uji Publik Grand Desain Keolahragaan Nasional Terus Dilakukan oleh Kemenpora

Olah Raga —Jumat, 13 Nov 2020 12:29
    Bagikan:  
Uji Publik Grand Desain Keolahragaan Nasional Terus Dilakukan oleh Kemenpora
Menpora Zainudin Amali menerima cindera mata dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Foto: ist)

MEDAN, POSKOTAJABAR.

Uji publik terhadap grand desain keolahragaan nasional terus dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Dalam kaitan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka acara uji publik grand desain keolahragaan di JW Marriott Hotel, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (12/11/2020).

Menpora RI berharap uji publik ini dapat meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. “Kalau tidak punya grand desain keolahragaan nasional, jangan harap prestasi ataupun ekspektasi. Untuk itu, saya ketika dilantik sebagai Menpora RI, saya mengajak stakeholder, pihak-pihak dan mitra terkait, ayo kita bikin grand desain keolahragaan nasional serta road mapnya. Ini penting untuk prestasi,” kata Menpora RI mengawali sambutannya.

Menurut Menpora RI, prestasi olahraga pada beberapa cabang olahraga sudah baik. Tapi, atlet pelapis dinilai belum bisa bersaing dengan seniornya. Untuk itu, pembinaan atlet usia dini sangat perlu disiapkan demi prestasi pada masa mendatang.

"Niat baik ini dapat dukungan dari Komisi X DPR RI. Saya sampaikan saat raker dan setuju. Kemudian kita susun dan kita libatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, stakeholder olahraga, dan lainnya. Prestasi selama ini ada atlet bagus hebat, tetapi tidak ada pelapis. Untuk itu, kita persiapkan atlet-atlet sejak dini untuk pertandingan yang akan datang," ujar Menpora RI.

Lebih lanjut, Menpora RI menerangkan, grand desain keolahragaan nasional ini juga sebagai panduan untuk tujuan meraih prestasi. Saat ini, pemerintah terus mempersiapkan diri agar bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Berarti, sekitar 12 tahun dari sekarang kita harus siapkan. Kita sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018. Dengan pengalaman itu kita harap kita bisa menjadi tuan rumah. Selain itu, kita juga siapkan prestasi. Jadi, apa yang kurang atau ada yang ingin ditambah serta masukan, di sini kita sampaikan saat uji publik," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, menyambut baik uji publik grand desain keolahragaan nasional. Gubernur yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI itu mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI yang sudah mempercayakan Medan sebagai uji publik untuk grand desain keolahragaan Indonesia.

“Ini sangat baik untuk keolahragaan nasional, khususnya Sumatera Utara. Saat ini, kita sedang siapkan Sport Centre di atas tanah seluas 300 hektare. Kami siapkan untuk fasilitas olahraga baik nasional maupun internasional. Ground breaking sudah dilakukan. Kami mohon dukungan dari Pak Menpora dan kami yakin ini berhasil,” kata Gubernur Edy.

Sementara, Rektor Universitas Negeri Medan, Syamsul Gultom, mengatakan, grand desain keolahragaan ini  penting untuk prestasi olahraga nasional.

"Grand desain ini menjadi acuan kita untuk program kedepannya. Rasanya perlu uji publik di seluruh Indonesia, agar dapat dipahami seluruh elemen. Semoga ini bisa membawa kemajuan olahraga ditingkat nasional dan internasional," kata Syamsul. (bu/ys)

Editor: Setiawan
    Bagikan: